Film Animasi Srikandi Kenalkan Wayang Secara Kekinian

Gondomanan - Upaya Pemerintah Kota Yogyakarta dalam memperkenalkan seni budaya sejak dini terus dilakukan. Salah satunya yang dilakukan Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta dengan menyelenggarakan kegiatan pengenalan wayang secara kreatif kepada anak dan remaja melalui film animasi “Srikandi” mulai tanggal 28-29 Maret 2023 di Science Theater, Taman Pintar, Yogyakarta.

Pengenalan Wayang ini diikuti oleh 50 peserta kategori anak dan remaja usia 8-15 tahun. Selain melalui pemutaran film animasi “Srikandi”, terdapat games yang seperti bedah tokoh wayang, tebak tokoh wayang, membuat wayang kertas, hingga belajar bagaimana menggerakkan wayang berdasarkan karakter wayang.

Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta, Yetti Martanti mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pengembangan implementasi nilai-nilai luhur budaya untuk tercapainya kelestarian wayang sebagai Warisan Budaya Takbenda (WBTb) di Kota Yogyakarta yang dimulai sejak dini.

“Kami menyasar masyarakat khususnya penggemar wayang yang tergolong anak dan remaja di Kota Yogyakarta, dengan cara memberi edukasi serta menyampaikannya secara kekinian dan mudah diterima oleh peserta yang notabene termasuk dalam generasi Z,” Jelas Yetti.

Tak hanya itu, acara ini juga menghadirkan narasumber khusus seniman atau pegiat budaya wayang dan pedalangan di Kota Yogyakarta diantaranya, Elisha Orcarus Allasso, Fani Rickyansyah, dan Bayu Aji Nugraha.

Menurutnya, melalui pengenalan tokoh dan karakter wayang dengan animasi dapat diterima dengan mudah oleh anak-anak. Sehingga ketertarikan terhadap wayang bertambah.

"Ini merupakan salah satu cara melestarikan wayang kepada generasi muda atau anak-anak. Lebih bisa diterima menonton film wayang melalui animasi. Sehingga tokoh wayang lebih dikenal. Acara ini tidak harus jadi menjadi pedalang, anak-anak senang dengan wayang dengan melestarikan menikmati wayang saja sudah luar biasa," katanya.

Ia berharap, ke depannya akan terus meningkatkan edukasi mengenai wayang dengan menggandeng Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta untuk mengoptimalkan materi tentang wayang di sekolah.

Salah satu pedalang Elisha Orcarus Allasso mengatakan, kegiatan ini sangat positif untuk mengenalkan wayang pada generasi muda. Terutama dalam nguri-nguri kabudayan jawa.

"Melalui wayang anak-anak bisa mengekspresikan dan berimajinasi. Selain itu, wayang juga bisa mengajarkan kesopanan, kesabaran, ketegasan yang bisa dicontoh. Harapannya dengan kegiatan ini dapat membangkitkan minat, kreativitas serta kecintaan mereka terhadap kesenian wayang," ujarnya. (Hes)