Hari Ke Dua Rangkaian Kegiata Sinau Pancasila Kota Yogyakarta Tahun 2023

Pembinaan dan penanaman ideologi pancasila dan wawasan kebangsaan masih terus digencarkan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Yogyakarta demi terwujudnya kehidupan berbangsa dan bernegara yang belandaskan nilai-nilai Pancasila serta demokrasi yang sehat dan damai.

Pada hari Selasa 16 Mei 2023 pukul 13.10 s/d 15.15 WIB Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Yogyakarta telah melangsungkan kegiatan "Sinau Pancasila" yang merupakan salah satu rangkaian dari program kerja Bakesbangpol Kota Yogyakarta. Di hari ke-2 ini, kegiatan bertempat di Kelurahan Tahunan Jalan Tuntungan UH 3/924, Umbulharjo, Kota Yogyakarta) yang dihadiri lebih kurang 40 orang.

Mengawali sambutan dari Bapak Tri Maryono, SP (Lurah Tahunan Kota Yogyakarta) yang turut berbahagia karena adanya kegiatan Sinau Pancasila ini diharapkan dapat senantiasa dilestarikan agar masyarakat dapat mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.

Penyampaian materi oleh Bapak Indaruwanto Eko Cahyono (Komisi A DPRD Kota Yogyakarta) yang menegaskan pentingnya pendalaman ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan dalam melawan radikalisme dan pemicu lainnya yang menyebabkan lunturnya integritas bangsa. Kemudian, ada penyampaian materi oleh Bapak Diasma Sandi Swandaru, S. Sos, MH (PSP UGM Yogyakarta) yang masih membahas mengenai makna kebhinekaan untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa agar tidak terpecah belah hanya karena sebuah ”perbedaan”.

Terakhir, penyampaian materi oleh Ibu Dra. Sutinah (TP. PKK Kota Yogyakarta) memberikan edukasi kepada masyarakat tentang kurangnya kontrol sosial dari orang tua yang menjadi salah satu penyebab lemahnya moral generasi muda. Karena itu, parenting harus diajarkan sejak dini agar menciptakan generasi yang berkarakter serta membentengi diri dari rusaknya moral yang kian meningkat.