Pelajar Kota Yogya Wakili DIY Jadi Paskibraka Nasional

Umbulharjo - Kota Jogja kembali terpilih menjadi perwakilan DIY untuk mengirimkan calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat nasional. Total ada tiga siswa yang berhasil lolos dan akan bertugas di Istana Merdeka, Jakarta dalam Upacara Kemerdekaan 17 Agustus 2023.

Sub Koordinator Kelompok Substansi Pembinaan Kepemudaan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Yogyakarta , Mugi Suyatno mengatakan, setelah tahun lalu hanya satu siswa yang lolos ke tingkat nasional, tahun ini Kota Jogja mewakili DIY mengirimkan tiga siswa.

“Setelah terpilih 46 Paskibraka Kota Jogja, ada tiga yang ditetapkan menjadi Calon Paskibraka atau Capas Nasional mewakili DIY. Ketiganya adalah Muhammad Rizky Karunia Putra dari SMA Negeri 2 Yogyakarta, Nessya Ayudhia Alwanni dari SMA Negeri 8 Yogyakarta, dan Naura Khalifah Harianto dari SMA Negeri 6 Yogyakarta,” ujarnya saat Jumpa Pers di komplek Balai Kota pada Jumat (19/5).

Mereka telah melalui tahap seleksi di tingkat DIY, lanjut Mugi, hingga dapat unggul dari Capas kabupaten lain dan mewakili DIY di tingkat nasional. Rizky dan Nessya sebagai Capas utama serta Naura Capas cadangan.  

“Sebagai Capas wakil DIY, mereka bertiga akan mengikuti proses pelatihan bersama wakil lain dari seluruh Indonesia, baik putra, maupun putri. Ini merupakan satu hal yang spesial bagi Disdikpora, karena mulai tahun 2024 pembinaan Paskibraka akan beralih di bawah Badan Kesatuan Bangsa dan Politik,” katanya.

Hal tersebut berdasarkan amanat Perpres, tambah Mugi, tentang pengalihan pembinaan Paskibraka dari Kemenpora ke BPIP, kemudian di tingkat provinsi dan kabupaten kota dialihkan ke seluruh Badan Kesbangpol.

" Setelah terakhir menjadi wakil DIY di tingkat nasional tahun 2014, kemudian kembali lolos di 2022 dan 2023, tentu ini hal yang harus dijaga dan terus ditingkatkan. Inilah kenapa nantinya dalam proses transisi pembinaan Paskibraka, kami tetap dilibatkan semacam untuk transfer knowledge,” tambahnya.

Sementara itu, Rizky, Nessya dan Naura menceritakan proses panjang yang telah mereka lalui hingga terpilih menjadi Paskibraka Kota Jogja dan mewakili DIY di tingkat nasional.

“Tahapan yang kami lalui mulai dari seleksi dari sekolah, kemudian seleksi di kota, terpilih untuk seleksi di tingkat DIY dan lolos ke tingkat nasional. Proses panjang ini kami dapatkan dengan perjuangan keras dan melelahkan, tentu kami bersyukur dan akan terus berusaha untuk mencapai hasil yang terbaik,” ungkap mereka. (Jul)