Singgih Raharjo Resmi Gantikan Sumadi Sebagai PJ Walikota

Danurejan-Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengkubuwono X melantik Singgih Raharjo sebagai Penjabat (Pj) Walikota Yogyakarta.

Pejabat yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata (Dinpar) DIY ini akan memimpin Kota Yogyakarta selama satu tahun kedepan menggantikan Pj Walikota sebelumnya yang dijabat oleh Sumadi.

Dalam sambutannya, Ngarsa Dalem mengungkapkan pelantikan pejabat daerah tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya kekosongan kepemimpinan di Kota Yogyakarta.

Menurutnya pemilihan Singgih Raharjo sebagai Pj Walikota lantaran ia dianggap telah mengenal betul sosio-kultural di DIY lewat jabatan yang diemban sebelumnya.

"Saya yakin pejabat yang baru dilantik ini akan dapat menunaikan tugasnya dengan baik, karena memiliki pengalaman menjabat di sektor-sektor strategis tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik di Pemda DIY," ungkapnya di Bangsal Kepatihan, Senin (22/5/2023).

Selain itu Sultan berpesan kepada pejabat yang baru dilantik agar memaksimalkan realisasi APBD serta menjaga ketertiban menjelang Pemilu 2024.

"Harus dapat mengantisipasi berbagai dinamika di dunia nyata dan dunia maya. Tegakkan netralitas ASN, agar pemilihan umum serentak dapat jujur dan bermartabat," ungkapnya.

Dalam kesempatan ini Sultan juga mengucapkan terima kasih kepada Sumadi atas pengabdian dan jasa-jasanya selama satu tahun memangku jabatan.

"Saya menyampaikan ucapan terima kasih disertai penghargaan kepada Bapak Sumadi atas pengabdian dan jasa-jasanya selama satu tahun memangku jabatan," ujarnya. 

Menanggapi pesan Sultan, Pj Walikota Yogyakarta, Singgih Raharjo mengatakan dirinya akan mengawal tahun politik. Dengan demikian pesta demokrasi pada tahun depan akan berjalan kondusif.

"Di masa tahun politik sampai 2024 nanti, dalam rangka menciptakan pesta demokrasi yang aman dan nyaman, maka sama-sama saling menjaga kondusivitas," paparnya. (Han)