Hari Ke Lima Rangkaian Sinau Pancasila di Kelurahan Giwangan

Pada hari Kamis 25 Mei 2023 pukul 13.20 s/d 15.05 WIB di Kelurahan Giwangan (Jalan Pemukti UH 7 / 700, Umbulharjo, Kota Yogyakarta) telah berlangsung kegiatan "Sinau Pancasila" yang diselenggarakan oleh Bakesbangpol Kota Yogyakarta dan dihadiri oleh sejumlah tokoh masyarakat lebih kurang 40 orang.

Kegiatan kali ini diisi oleh dua narasumber yaitu Bapak Diasma Sandi Swandaru, S. Sos, MH (PSP UGM Yogyakarta dan Ibu Wuri Astuti (TP. PKK Kota Yogyakarta). Penyampaian materi pertama oleh Ibu Wuri Astuti (TP. PKK Kota Yogyakarta) yang menjelaskan peranan keluarga dalam mengasuh anak melalui program parentin kebangsaan. Tri pusat pendidikan pertama berasal dari lingkungan keluarga kemudian sekolah dan masyarakat. Muatan kebangsaan dalam bidang pendidikan berarti adanya arah pemebrdayaan melalui sinergitas lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Selain itu, terdapat 5 hal yang harus ditanamkan pada diri anak dalam kaitannya kesadaran bela negara yakni kecintaan pada tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, keyakinan pancasila sebagai ideologi negara, kerelaan berkorban untuk bangsa dan negara, serta memiliki kemampuan awal bela negara.

Kemudian, Bapak Diasma Sandi Swandaru, S. Sos, MH (PSP UGM Yogyakarta) menyampaikan pula bahwa aktualisasi nilai Pancasila dalam keseharian pun dimulai dari keluarga sebagai basis pertama pengenalan Pancasila yakni membangun peradaban sejak dalam kandungan, pengenalan awal nilai-nilai nasionalisme, serta menanamkan keberagaman.

Pada hari kelima rangakaian Sinau Pancasila di Kelurahan Giwangan ini sekaligus menjadi penutup rangkaian kegiatan yang sebelumnya telah dilaksanakan pada Kelurahan Patangpuluhan, Kelurahan Tahunan, Kelurahan Suryodiningratan, dan Kelurahan Klitren. Diharapkan setelah adanya kegiatan ini kita semua dapat lebih mencermati keadaan di lingkungan sekitar untuk mencegah masuknya pengrusakan nilai-nilai moral yang dapat menghancurkan kelahiran generasi muda bangsa berbudi pekerti luhur.