Layanan Pengaduan Warga Kota Yogya Terintegrasi JSS

 

Umbulharjo - Dinas Komunikasi  Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogyakarta menerima kunjungan kerja Komisi D  DPRD Kabupaten Tulungagung yang membidangi Pembangunan dan Pariwisata, Jumat (26/05) di Ruang Rapat Kantor Diskominfosan Kota Yogyakarta. 

Kunjungan yang dipimpin H. Abdullah Ali Munib, SH selaku  Ketua Komisi D DPRD Bidang pembangunan dan pariwisata bersama kurang lebih 20 anggota lainnya dari Komisi D  DPRD Kabupaten Tulungagung diterima oleh Suciati Sah selaku Sekretaris Dinas Kominfosan Kota Yogyakarta. Pada kunjungan tersebut, Abdullah Ali Munib  menjelaskan tujuan dari kunjungan ini untuk belajar dan juga sharing terkait sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik yang ada pada Diskominfosan Kota Yogyakarta.

Sekretaris Diskominfosan Kota Yogyakarta Suciati Sah mengutarakan bahwa Unit Pelayanan Informasi dan Keluhan (UPIK) sudah ada sejak tahun 2003 yang mana sudah lebih dahulu ada dari SP4N Lapor dan E-Lapor. 

“Saat ini UPIK pun sudah ditambahkan kanalnya melalui aplikasi Jogja Smart Service (JSS) dan ini merupakan saluran resmi dari Pemerintah Kota Yogyakarta agar masyarakat atau warganya bisa menyalurkan aspirasi aduan, keluhan melalui kanal yang benar. Harapannya masyarakat tidak sembarang masuk melalui kanal-kanal yang lain,” ujarnya.

Abdullah Ali Munib menanyakan tentang kendali dari Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik apakah dari Kominfo atau pada masing-masing OPD mempunyai kendali sendiri.

Sedangkan Edi Sugiarto selaku Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfosan Kota Yogyakarta menjelaskan bahwa konsep kendali dari sistem tersebut adalah terdesentralisasi. “Untuk kendali pada sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik bersifat terdesentralisasi yang mana konsepnya semua OPD mempunyai admin pengelola maka dari itu ketika ada satu aduan tidak harus masuk ke Kominfo dahulu tetapi langsung ditangani dengan jenis aduannya,” jelasnya.

Sementara itu, Marsono, S.Sos selaku Ketua Pimpinan DPRD Kabupaten Tulungagung menyampaikan bahwa harapannya dari kunjungan ini dapat menjadi bahan belajar terkait Sistem Pelayanan Publik dan sekaligus menjadi tantangan untuk mengembangkan dan memperbaharui sistem yang ada sebelumnya.

“Saya sampaikan terimakasih kepada Pemerintahan Kota Yogyakarta terutama pada seluruh pimpinan yang menerima kami. Akan lebih baik ketika kita belajar itu harapannya dapat  menjadi sebuah tantangan pembuatan yang baru dan kunjungan ini semoga dapat menjadi manfaat bagi kita semua” ungkapnya. (Firs)