KUNJUNGAN KLARIFIKASI LAPANGAN TIM JURI LOMBA KELURAHAN TINGKAT PROPINSI DIY KE KELURAHAN BAUSASRAN

BAUSASRAN – Penilaian Evaluasi Kelurahan tingkat kota Yogyakarta yang diselenggarakan oleh Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Yogyakarta pada bulan Maret 2023 lalu dengan melalui beberapa tahap diantaranya; Tahap Administrasi, Tahap Paparan, Tahap Klarifikasi Lapangan hingga Pembobotan Nilai ( Inovasi ) sudah dilalui dengan ditetapkan bahwa Kelurahan Bausasran meraih Juara I, disusul juara II diberikan oleh Kelurahan Gunung Ketur, Juara III Kelurahan Ngampilan, dan selanjutnya meraih juara harapan I Kelurahan Patangpuluhan, dan yang meraih juara harapan II adalah  Kelurahan Purbayan. Penyerahan Piala dan hadiah berupa uang untuk Juara I mendapatkan nilai uang sebesar Rp 15.000.000,- dipotong pajak dan kepada juara yang lain diserahkan oleh PJ. Walikota Yogyakarta Sumadi, S.H., M.H. pada acara Upacara Pemerintah Kota Yogyakarta hari Jum’at, 28 April 2023 lalu.

         Dengan diterimanya Kelurahan sebagai Juara I Tingkat Pemerintah Kota Yogyakarta tahun 2023 ini, maka Kelurahan Bausasran Kemantren Danurejan berhak maju mewakili Kota Yogyakarta bersama Kelurahan Gunung Ketur Kemantren Pakualaman di kegiatan Lomba Kalurahan dan Kelurahan tingkat Propinsi DIY  tahun 2023. Ada beberapa tahap penilaian yakni : penilaian administrasi, penilaian klarifikasi lapangan dan selanjutnya tahap pemaparan calon juara.

         Dan Kelurahan Bausasran Kemantren Danurejan sudah masuk dalam tahap di penilaian klarifikasi lapangan yang digelar pada hari Senin, 29 Mei 2023 bertempat di Gedung Sriwijaya Kelurahan Bausasran Kemantren Danurejan Kota Yogyakarta, dengan seremonial penyambutan Tim Juri oleh Bregada Bausosro Sawiji Lestari pimpinan Rachmad Purnomo Wulan dan tarian Edan- edanan pimpinan Eko Yulianto. Yang dihadiri oleh Tim Juri terdiri dari Biro Tata Pemerintahan Setda DIY, Biro Bina Bermas Setda DIY, Dinas Kominfo DIY, Dinas Koperasi & UKM DIY, BPBD DIY, TP.PKK DIY, Polda DIY, Dinas Dikpora DIY, Dinkes DIY, turut hadir pula dari Tim Kota Yogyakarta Asisten Pemerintahan & Kesra Setda Kota Yogyakarta, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kota Yogyakarta, beberapa Organisasi Perangkat Daerah kota Yogyakarta, Mantri Pamong Praja Danurejan Kota Yogyakarta, Lurah se- Kemantren Danurejan, dan para tokoh masyarakat Bausasran yang diundang sebagai tim evaluasi Kelurahan Bausasran.

Acara diawali dengan sambutan dari tuan rumah yang disampaikan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah kota yogyakarta,  Drs. Yunianto Dwisutono. Dilanjutkan sambutan tim juri oleh Kepala Biro Bina Pemberdayaan Masyarakat Sekretariat Daerah DIY, Dr. Sukamto, S.H., MH. Disela- sela acara ada penyerahan bantuan dari CSR antara lain : dari Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta memberikan bantuan uang sebesar Rp 115.000.000 atau seratus lima belas juta rupiah, dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta sebesar Rp 35.000.000 atau  tiga puluh lima juta rupiah, dari Bank Syariah Mitra Harmoni Yogyakarta sebesar Rp 20.000.000 atau dua puluh juta rupiah,  dari Panah Merah Yogyakarta memberikan sejumlah bibit tanaman sayuran dan buah- buahan yang diserahkan dan diterima oleh Lurah Bausasran Akhmad Yuliantara, S.I.P., M.M. dan Ketua LPMK Kelurahan Bausasran,  Drs. H. Setiadjid.

Foto Penyerahan CSR dokumen tanggal 29 Mei 2023

 

Dan  berikutnya pemutaran video dokumenter / Audio visual menggambarkan kondisi Kelurahan Bausasran, pelayanannya serta inovasi sesuai tema “ TATA KELOLA PEMERINTAHAN YANG BAIK DALAM MEWUJUDKAN STABILITAS EKONOMI & SOSIAL DESA/ KALURAHAN & KELURAHAN “.

Setelah pemutaran video acara dilanjutkan dengan penilaian yang dibagi dalam 10 meja dari berbagai aspek meliputi aspek pemerintahan dan aspek kewilayahan. Dan indikator yang meliputi : Administrasi Pemerintahan, identitas Kelurahan, batas wilayah, inisiatif & kreativitas dalam pemberdayaan masyarakat, pelestarian adat dan budaya, budaya inovasi masyarakat desa dan kelurahan berbasis teknologi informasi, inovasi tanggap dan siaga bencana, lembaga kemasyarakatan, partisipasi masyarakat, ekonomi, penanggulangan kemiskinan, peningkatan kapasitas masyarakat, PKK, keamanan dan ketertiban, pendidikan, dan kesehatan.

       Setelah Juri melakukan verifikasi administrasi, dilanjutkan kunjungan sampel ke lapangan dengan menyinggahi beberapa kegiatan inovasi diantaranya kebon Bon Jowi yang berada di RW 10 menyuguhkan produksi unggulannya berupa minyak urut, tekwan yang terbuat dari lele, krupuk lele. Kebon GPP Gemah Ripah di RW 09 menyuguhkan olahan sayur bayam brazil berupa mie Gerry, stik dari bayam brazil, minuman sayur, lele frozen, basreng kemudian tim juri melanjutkan perjalanannya menuju kegiatan gebyar anak Paud, Bank Sampah, Kelurahan Tanggap Bencana, PAM terpadu, dan dilanjutkan pesan kesan, tanggapan, dan terakhir acara ditutup di halaman sekolah SD Muhammadiyah Bausasran.

 

     Pengambilan foto tanggal 29 Mei 2023 di SD Muhammadiyah Bausasran

 

 Acara Penilaian Klarifikasi Lapangan Lomba Kelurahan Tingkat Propinsi DIY ini terlaksana atas dukungan anggaran yang diterima dari Bagian Tata Pemerintahan Kota Yogyakarta, serta dari anggaran Biro Bina Pemberdayaan Masyarakat Setda DIY.

Salam Harmoni :  Merajut Prestasi

                             Meraih Mimpi

                             Membangun Negeri

LM Rainny. G