Kemeriahan HUT Pemkot ke-76 Bersama YOGOWES

       Dalam rangka memperingati HUT ke- 76 Pemerintah Kota Yogyakarta Tahun 2023, Pemerintah Kota Yogyakarta mengadakan kegiatan YOGOWES yang diadakan hari senin, 5 Juni 2023 pukul 06.00 WIB dengan tema “ Napak Tilas Pemerintah Kota Yogyakarta” yang bertujuan untuk senantiasa mengingat perjalanan sejarah terkait perkembangan Pemerintah Kota Yogyakarta sampai saat ini. Tema HUT Pemerintah Kota Yogyakarta kali ini adalah “ Tatag, Teteg, Tutug” yang mengandung makna: mentalitas seseorang yang kuat sebagai bekal menjalani tantangan kehidupan ( teteg), konsisten dan tetap teguh ( teteg), serta tuntas dalam mengerjakan sesuatu yang emnjadi tanggung jawabnya ( tutug).

      Kegiatan YOGOWES ini dibagi menjadi 3 tempat dengan total peserta 1.000 orang. Untuk titik kumpul pertama di Ndalem Poenokawan dengan peserta 300 orang. Ndalem Punokawan pernah menjadi Gedung Balaikota pada tahun 1952. Ndalem Ngabean terletak di Jalan KHA Dahlan atau sekarang bernama Gedung Punokawan. Kemudian peserta Yogowes Napak Tilas/ Kirab Pataka Pemkot Yogyakarta berangkat menuju titik kumpul  kedua  di Sasana Hinggil Dwi Abad Kraton yang pernah juga menjadi Gedung balaikota. Peserta disambut oleh Bapak Mantri Pamong Praja Kraton, Drs. Sumargandi, M.Si dan pelepasan pesepeda oleh bapak Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan rakyat, Drs. Yunianto Dwisutono menuju  titik kumpul ketiga, Ndalem Notokusuman, Pakualaman.Peserta disambut oleh Bapak Mantri Pamong Praja Pakualaman, Cahya Wijayanta, S.Sos dan pelepasan pesepeda oleh bapak Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Drs. Kadri Renggono, M.Si menuju  Komplek Balaikota Timoho.

       Peserta YOGOWES Napak Tilas memasuki Komplek Balaikota Timoho melalui pintu masuk utara barat atau depan Masjid Pangeran Diponegoro dengan Cucuk Lampah Pembawa Pataka, sampai depan Set. FORPI berhenti, sepeda dituntun atau jalan tak dikendarai, Kirab Pataka dikawal bergada diiringi genderang bergada menuju area depan Grha Pandawa Balaikota, sampai di depan Grha Pandawa Balaikota berhenti, disambut Bapak  Sekretaris Daerah, Ir. Aman Yuriadijaya, M.M. didampingi Asisten Administrasi Umum, Drs. Kris Sarjono Sutejo, M.M. Staf Ahli + Mantri Pamong Praja Kemantren Umbulharjo, Rajwan Taufiq, S.I.P., M.Si & Jajaran sekaligus menerima Pataka Pemkot YK yg diserahkan oleh Bapak Pj. Walikota YK, Singgih Raharjo, S.H., M.Ed /Pemimpin Peserta Yogowes Napak Tilas kepada Bapak Sekda Kota YK. Dilanjutkan acara Pembukaan Pameran Foto di Grha Pandawa Balaikota oleh Bapak Pj. Walikota ditandai pemotongan buntal melati di pintu masuk & peninjauan.Peserta lain/pengiring kirab Pataka menuju area Panggung Hiburan untuk rehat minum & snack, disambut hiburan musik.