Refleksi Pembangunan Lewat Pameran Foto Metamorfosa Wajah Kota Jogja   

UMBULHARJO- Puluhan foto hasil pembangunan Pemerintah Kota Yogyakarta  ditampilkan dalam pameran bertajuk Metamorfosa Wajah Kota Jogja di Grha Pandawa Balai Kota Yogyakarta, Selasa (6/6/2023). Pameran foto rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Pemkot Yogyakarta itu menjadi refleksi pembangunan Kota Yogyakarta.

“Pameran foto ini mengingatkan kembali memori kolektif kita akan perjalanan Kota Yogyakarta. Bagaimana membangun Kota Yogyakarta,” kata Penjabat Walikota Yogyakarta, Singgih Raharjo saat pembukaan pameran foto Metamorfosa Wajah Kota Jogja.

Pameran menampilkan hasil pembangunan dan kegiatan Pemkot Yogyakarta antara lain penataan lingkungan kumuh di Prenggan, revitalisasi pedestrian Jalan Senopati, pembangunan SD Pakel, Gudang Farmasi dan Instalasi Gizi, Gedung Pusat Desain Industri Nasional dan kegiatan di Unit Pelaksana Teknis Logam Kota Yogyakarta.

Termasuk program-program prioritas pembangunan tahun 2023 misalnya pembangunan Taman Budaya Embung Giwangan. Selain itu foto-foto sejarah Kantor Pemkot Yogyakarta sejak dari Sasono Hinggil sampai ke kompleks Balai Kota Yogyakarta di Jalan Kenari.

“Tentu ini dalam rangka menumbuhkan semangat dan sense of belonging terhadap Pemkot Yogyakarta itu sendiri. Kegiatan ini terbuka untuk umum. Jadi masyarakat bisa berkunjung ke sini untuk melihat refleksi pembangunan Kota Yogyakarta sampai hari ini,” tuturnya.

Menurutnya melalui pameran foto bisa menjadi inspirasi untuk mengembangkan Kota Yogyakarta supaya lebih baik. Foto-foto itu juga bisa menjadi peta jalan pembangunan Kota Yogyakarta harus dilanjutkan. Tidak hanya fisik tapi juga nonfisik. Terutama agar Aparatur Sipil Negara dan kepala daerah memiliki kepekaan krisis, adaptif dan mampu menyesuaikan perkembangan zaman serta teknologi dalam membangun Kota Yogyakarta.

“Dari sisi respon cepat terhadap situasi yang ada. Kemudian dari sisi inovasinya. Layanan yang sudah baik tentu tidak boleh berhenti. Faster, better dan cheaper saya kira menjadi semangat yang harus kita dorong untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Ini menjadi bagian yang harus kita dorong untuk pelayanan publik supaya lebih baik lagi,” terang Singgih.

Sementara itu Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setda Pemkot Yogyakarta, Umi Akhsanti menyebut total ada 78 foto yang dipamerkan dalam pameran foto Metamorfosa Wajah Kota Jogja. Foto-foto itu adalah arsip dan dokumentasi Pemkot Yogyakarta serta beberapa foto sudut-sudut kota hasil lomba foto yang diadakan Dinas Pertanahan dan Tata Ruang tentang penataan kota.

“Konsep awal yang ingin kita tampilkan adalah pembangunan yang sudah dilaksanakan oleh Pemkot Yogyakarta. Apa yang sudah dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta khususnya sepanjang tahun 2022 dan apa yang akan dikerjakan untuk tahun 2023,” tambah Umi.

Dia menyampaikan beberapa foto program prioritas tahun 2023 yakni penataan kawasan Kotabaru, kawasan Pakualaman dengan pembangunan revitalisasi Pasar Sentul, kawasan Kotagede dan Umbulharjo sebagai pendukung kawasan dengan pembangunan Taman Budaya Embung Giwangan berupa gambar 3D perencanaan. Foto-foto yang cukup menarik terkait foto arsip sejarah perjalanan Kantor Pemkot Yogyakarta. Foto itu untuk mengenalkan kepada masyarakat perjalanan Pemkot Yogyakarta sejak lahir sampai sekarang. (Tri)