BIMBINGAN TEKNIS STRATEGI PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN – TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI.

Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka. Perpustakaan diselenggarakan berdasarkan asas pembelajaran sepanjang hayat, demokrasi, keadilan, keprofesionalan, keterbukaan, keterukuran, dan kemitraan Fungsi dari perpustakaan adalah sebagai wahana pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi untuk meningkatkan kecerdasan dan keberdayaan bangsa, dengan tujuan memberikan layanan kepada pemustaka, meningkatkan kegemaran membaca, serta memperluas wawasan dan pengetahuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pemerintah berkewajiban mengembangkan sistem nasional perpustakaan sebagai upaya mendukung sistem pendidikan nasional, menjamin kelangsungan penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan sebagai pusat sumber belajar masyarakat, menjamin ketersediaan layanan perpustakaan secara merata di tanah air, menjamin ketersediaan keragaman koleksi perpustakaan melalui terjemahan (translasi), alih aksara (transliterasi), alih suara ke tulisan (transkripsi), dan alih media (transmedia), menggalakkan promosi gemar membaca dan memanfaatkan perpustakaan, meningkatan kualitas dan kuantitas koleksi perpustakaan, membina dan mengembangkan kompetensi, profesionalitas pustakawan, dan tenaga teknis perpustakaan, mengembangkan Perpustakaan Nasional dan memberikan penghargaan kepada setiap orang yang menyimpan, merawat, dan melestarikan naskah kuno . Untuk itu Perpustakaan Nasional menyelenggarakan Bimbingan Teknis  Strategi Pengembangan Perpustakaan-Teknologi Informasi dan Komunikasi, Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Tahun 2023. Penyelenggaraan Bimbingan Teknis untuk wilayah Jawa Tengah dan DIY diselenggarakan di Hotel Horison Ultima Semarang, Jalan MT. Haryono, lamper Kidul, Semarang, Jawa Tengah.

Sebanyak 65 peserta dari Propinsi Jawa tengah dan Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta mengikuti acara Bimbingan Teknis, dan Perpustakaan Kelurahan Muja Muju Kemantren Umbulharjo Kota Yogyakarta mengirimkan dua orang pengelola perpustakaan, yaitu Ibu Istiyani dan Saudara Dhoto Dhewandono untuk mengikuti acara tersebut.   

Acara Bimbingan Teknis  Strategi Pengembangan Perpustakaan-Teknologi Informasi dan Komunikasi, Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Tahun 2023 wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta  berlangsung mulai hari Senin tanggal 5 Juni 2023 hingga hari Jum’at tanggal 9 Juni 2023