LOMBA BURUNG BERKICAU PIALA WALIKOTA YOGYAKARTA TAHUN 2023

Satwa unggas utamanya burung dengan berbagai jenis, telah dikenal mempunyai pesona dan daya tarik tersendiri. Tidak hanya bagi para penggemar ataupun kolektor, namun secara umum masyarakat suka mendengar kicau alami satwa ini. Tak heran sejak dahulu burung menjadi sahabat manusia dan menjadi klangenan bagi para pangeran dan bangsawan.

Saat ini kegemaran memelihara jenis unggas yang satu ini, khususnya burung berkicau tidak lagi menjadi monopoli kaum bangsawan atau orang berduit saja, namun telah berkembang menjadi hobby yang mendatangkan banyak manfaat bagi masyarakat umum. Selain sebagai sarana relaksasi, melepaskan stress, memelihara burung berkicau juga dapat menjadi usaha dengan keuntungan yang menjanjikan dibandingkan dengan jenis hobi lainnya. Kini, minat masyarakat pada burung berkicau dengan berbagai jenis sekarang ini cukup besar.

Event lomba burung berkicau ini juga diharapkan sebagai upaya pelestarian burung dengan harapan agar tidak mengalami kepunahan. Selain itu agar potensi penularan penyakit melalui hewan peliharaan terutama burung menjadi kecil, karena pemeliharaannya terjaga dengan baik. Ajang lomba yang positif ini adalah sebagai sarana bagi para pecinta burung berkicau untuk berkompetisi, namun juga sebagai wadah untuk pelestarian burung kicau di Yogyakarta.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta melakukan kegiatan ini sekaligus memperingati dan memeriahkan HUT Pemerintah Kota Yogyakarta yang ke-76 Tatag Teteg Tutug pada 7 Juni 2023, mempererat tali persaudaraan sesama pecinta burung berkicau, meningkatkan semangat melestarikan dan menangkar burung burung lokal, dan meningkatkan pendapatan masyarakat khususnya para peternak burung, pengrajin sangkar burung, penjaja makanan dan kelompok binaan dari Dinas Pertanian dan Pangan.

 

Pelaksanaan pameran dan lomba akan dilaksanakan Minggu, 18 Juni 2023 bertempat di Balaikota Kota Yogyakarta, pukul 09.00-17.00 wib. Acara akan dibuka oleh Pj. Walikota Yogyakarta Singgih Raharjo,S.H.,M.Ed. Sebelumnya diawali workshop tentang penangkaran burung pada Sabtu, 17 Juni 2023 pukul 14.00-17.00 wib di Graha Pandawa, Balaikota Yogyakarta.

Adapun tujuan pameran  dan lomba ini yaitu; Ikut serta memeriahkan perayaan HUT Pemerintah Kota Yogyakarta yang ke - 76 tahun, mempererat tali silaturrahmi sesama penggemar burung berkicau dan penangkar burung di Indonesia, menjadi wadah pecinta burung untuk berkompetisi juga dapat meningkatkan nilai ekonomi dari burung kicau tersebut, mengangkat perekonomian masyarakat melalui pemanfaatan lahan pekarangan berbasis hobies dengan beternak burung, memfasilitasi para kelompok tani binaan/UMKM untuk memasarkan hasil olahannya, memperkenalkan potensi Pariwisata wilayah Kota Yogyakarta kepada sejumlah daerah, selain itu juga diperkenalkan produk khas Kelompok Tani Binaan/Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar produk UMKM Kota Yogyakarta dapat naik kelas ke tingkat Nasional, memupuk jiwa sportifitas dalam berlomba diantara sesame penggemar burung berkicau, dan memupuk semangat para penangkar burung untuk terus melestarikan burung di Indonesia.

 

 

Audiensi dengan PJ Walikota Yogyakarta

Ir. Suyana kepala Dinas Pertanian dan pangan didampingi Kepala Bidang pertanian Eny Sulistyowati, S.P. dan staf serta dari panitia penyelenggara yang diketuai oleh Rikardo PMW, Eko Golo perwakilan peternak murai dan anggotanya, pada Kamis, 15 Juni 2023 berkesempatan audiensi dengan Pj. Walikota Yogyakarta Singgih Raharjo, S.H.,M.Ed., di ruang nakula Balaikota Yogyakarta.

Pada kesempatan ini, Pj walikota menyampaikan harapannya agenda semacam ini dapat rutin dilaksanakan, dan tahun depan dapat dilakukan dengan kolaborasi beberapa SKPD (Dinas Pariwisata, Dinas Koperasi dan UMKM)  supaya acara lebih meriah lagi.