Pemadaman Kebakaran di Kios Jalan Malioboro

Sebuah kebakaran terjadi di Area Jalan Malioboro pada Senin (10/7/2023) dini hari pukul 00.20 menimpa sebuah kios makanan lumpia yang terkunci tepatnya di Jl. Malioboro No 32, Sosromenduran, Gedongtengen, Kota Yogyakarta.

Kebakaran dilaporkan oleh warga yang melintas di Jalan Malioboro dan melihat adanya asap dan nyala api di dalam kios yang sudah tutup dan terkunci. Warga yang melihat lantas segera menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Yogyakarta.

Tiga unit mobil pemadam kebakaran dengan tiga regu dari Kota Yogakarta langsung diturunkan dengan didukung dua armada dari damkar Sleman. Setelah pintu dapat dibuka ternyata api berasal dari kompor atau perapian untuk memasak. Diduga, kompor lupa dimatikan ketika kios tutup.

Beruntung api segera dapat diketahui sehingga dapat segera ditangani sebelum menyebar lebih luas. Dalam 15 menit saja apa berhasil dipadamkan karena belum meluas dan membakar kompor dan sedikit bagian kios saja. Kami mengapresiasi peran masyarakat untuk segera melaporkan adanya kebakaran sehingga Malioboro yang merupakan ikon dan pusat wisata Kota Yogyakarta dapat aman dari bahaya kebakaran yang lebih besar.

Kami menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi kebakaran di tempat tinggal maupun tempat usaha. Tempat usaha dan bangunan umum dihimbau menyediakan APAR dan sistem proteksi kebakaran untuk mengurangi potensi bahaya dan meminimalisir kerugian akibat kebakaran. Jika menemui kebakaran yang tidak bisa dikendalikan di Yogyakarta  maupun penyelamatan lainnya dapat menghubungi Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta di nomor (0274) 587101, (0274) 2922848, atau Whatsapp  di 0811 2828 113. Petugas Damkarmat telah terlatih dan selalu siap sedia 24 jam melayani masyarakat serta dilengkapi dengan peralatan penyelamatan dan pemadaman, semua layanan pemadaman dan penyelamatan tanpa dipungut biaya alias gratis.