Kebakaran Lapak Pedagang Buku di Titik Nol Kilometer

Sebuah kebakaran terjadi Kamis (13/7/2023) dini hari menimpa sebuah gerobak lapak pedagang yang digunakan untuk menjual buku dan majalah di area titik nol kilometer Kota Yogyakarta, Ngupasan, Gondomanan.

Kejadian dilaporkan pada pukul 02.45 dinihari, oleh warga yang melihat lapak terbakar api. Api diduga berasal dari korsleting listrik kabel yang digunakan untuk penerangan lapak. Percikan api menyambar buku dagangan yang kemudian membesar. Warga yang melihat berupaya memadamkan api dan melaporkan ke Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Yogyakarta.

Api bisa diatasi dengan segera oleh warga dan relawan sehingga tidak menimbulkan kerusakan lebih lanjut dan tidak merembet ke lapak lain maupun bangunan-bangunan cagar budaya yang berada di sekitar lokasi kebakaran. Tindakan yang dilakukan petugas Damkarmat setelah datang ke lokasi untuk memastikan api padam dan melakukan pendataan. Atas kebakaran tersebut, pemilik lapak

Kami menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi kebakaran di tempat tinggal maupun tempat usaha. Pastikan instalasi listrik yang terpasang di rumah maupun tempat usaha anda menggunakan peralatan yang standar dan masih baik. Jika menemui kebakaran yang tidak bisa dikendalikan di Yogyakarta  maupun penyelamatan lainnya dapat menghubungi Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta di nomor (0274) 587101, (0274) 2922848, atau Whatsapp  di 0811 2828 113. Petugas Damkarmat telah terlatih dan selalu siap sedia 24 jam melayani masyarakat serta dilengkapi dengan peralatan penyelamatan dan pemadaman, semua layanan pemadaman dan penyelamatan tanpa dipungut biaya alias gratis.