Meri Code Cokrodiningratan mengikuti Festival Adat Se-DIY

Cokrodiningratan - Sabtu, 22/7 Kegiatan Upacara Adat Merti Code Kelurahan Cokrodiningratan ditunjuk oleh Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta untuk menikuti Festival Upacara Adat DIY, Dinas Kebudayaan (Kundho Kabudayan) DIY th 2023, yang bertempat di Lap Pendhowoharjo Kabupaten Sleman bersama wakil dari 4 kabupaten se DIY. Penampilan Merti Code Kelurahan Cokrodiningratan mendapatkan Juara 2 dalam Festival tersebut.

Konsep Merti Code telah di paparkan pada saat Workshop dengan Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta pada tanggal 10 Juli di Hotel Jambuluwuk dengan dihadiri oleh RKB se Kota Yogyakarta dan perwakilan Merti Code.

Menurut Totok Pratopo (Pemerti Code) " Merti Code adalah kegiatan kebudayaan yang dimaksudkan untuk membangun kesadaran masyarakat dalam pelestarian lingkungan Sungai Code. Keberadaaan Sungai Code, dengan air bersihnya, masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat di sekitar bantaran sungai untuk mendukung kebutuhan minum dan MCK. Selain itu juga dimana sungai tidak semata-mata untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, melainkan juga meningkat penggunaannya sebagai sumber energi listrik dan pariwisata” tuturnya.