Posbindu dan Senam Bersama Kemantren Mergangsan

Hari Ini, Jumat 3 November 2023 Kegiatan Segoro Amarto diisi dengan Senam Sehat bersama dan Posbindu. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Halaman Puskesmas Mergangan.  Turut hadir bersama seluruh jajaran Forkopimtren Mergangsan; Kapolsek Mergangsan, Danramil Mergangsan, Puskesmas Mergangsan dan KUA Mergangsan. dimulai dengan senam bersama  pada pukul 07.30 kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan melalui posbindu. 

Kegiatan Posbindu ini dilaksanakan agar seluruh peserta dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan faktor risiko PTM Utama yang dilaksanakan secara terpadu, rutin, dan periodik. Tujuan Posbindu adalah meningkatkan kesadaran Karyawan/i Kemantren Mergangsan dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM. 

Kegiatan posbindu menggunakan sistem 5 meja. Pelayanan sistem 5 meja terdiri dari :

  1. Meja 1 : Pelayanan registrasi dan administrasi, yaitu kegiatan mencatat data individu peserta.
  2. Meja 2 :Pengukuran Berat Badan, Tinggi Badan, IMT, lingkar perut
    Kegiatan pengukuran berat badan, tinggi badan, Indeks Massa Tubuh (IMT), lingkar perut, sebaiknya diselenggarakan 1 bulan sekali.
  3. Meja 3 : Wawancara faktor risiko PTM
    Hal-hal yang perlu diwawancara berkaitan dengan faktor risiko PTM antara lain riwayat merokok, kebiasaan minum minuman manis, kopi dan beralkohol, kegiatan aktifitas fisik/olahraga, kebiasaan makan sayur dan buah, riwayat tekanan darah tinggi, riwayat penyakit dahulu dan keluarga yang berkaitan dengan penyakit tidak menular.
  4. Meja 4 : Pemeriksaan kesehatan, yaitu kegiatan memeriksa tekanan darah, kadar glukosa darah, kadar kolesterol, kadar trigliserida darah, pemeriksaan klinis payudara dan fungsi paru sederhana.
  5. Meja 5 : Konseling dan Edukasi.
    Kegiatan konseling dan penyuluhan, harus dilakukan setiap pelaksanaan Posbindu PTM. Hal ini penting dilakukan karena pemantauan faktor risiko kurang bermanfaat bila masyarakat tidak tahu cara mengendalikannya. Kegiatan aktifitas fisik dan atau olah raga bersama, sebaiknya tidak hanya dilakukan jika ada penyelenggaraan Posbindu PTM namun perlu dilakukan rutin setiap minggu.