SEMANGAT KARTINI DAN SYAWALAN BERPADU MEMPERKUAT PERAN WANITA : TP PKK KEMANTREN UMBULHARJO GELAR ACARA PERINGATAN

Kemantren Umbulharjo, Kota Yogyakarta hari ini (22/04/2024) diwarnai kemeriahan yang istimewa. Dalam balutan suasan Syawalan yang penuh kehangatan dan penyelenggaraan peringatan Hari Kartini TP PKK Kemantren Umbulharjo menggabungkan dua momen penting ini dengan indah. Kegiatan yang berlangsung di Pendopo Kemantren Umbulharjo ini dihadiri oleh Mantri Pamong Praja Umbulharjo, Ketua TP PKK Kemantren Umbulharjo, Ketua TP PKK Kelurahan,  serta seluruh anggota dan pengurus TP PKK Kemantren. Momen ini menjadi wadah bagi pengurus dan anggota TP PKK Kemantren Umbulharjo untuk berkumpul, bersilaturahmi, dan meneladani semangat Kartini. Diiringi dengan tema "Semangat Kartini dan Syawalan Berpadu Memperkuat Peran Wanita", acara ini membawa pesan inspiratif tentang peran penting wanita dalam membangun keluarga dan masyarakat.  

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Kemantren Umbulharjo menyampaikan bahwa acara ini bertujuan untuk memperingati Hari Kartini dan Syawalan 1445 H, serta untuk memperkuat peran wanita dalam membangun keluarga dan masyarakat untuk terus berkarya dan berinovasi dalam berbagai bidang. "Hari Kartini merupakan momen penting untuk mengenang perjuangan RA Kartini dalam memperjuangkan emansipasi wanita. Sedangkan Syawalan merupakan momen untuk mempererat silaturahmi. Ibu-ibu TP PKK Kemantren Umbulharjo ini sangat hebat melebihi emansipasi zaman RA Kartini, karena selain membangun keluarga juga ikut mengabdi dalam masyarakat bersama program-program PKK dari Pokja I sampai IV. Oleh karena itu marilah kita terus berkarya dan berinovasi untuk memajukan Kemantren Umbulharjo dan Kota Yogyakarta," 

Momen Syawalan yang Menguatkan Silaturahm


Syawalan merupakan momen spesial pasca Hari Raya Idul Fitri yang dimanfaatkan dengan baik oleh TP PKK Kemantren Umbulharjo untuk mempererat tali persaudaraan antar pengurus dan anggotanya. Saling bersalaman dan bertukar maaf mewarnai suasana, menciptakan atmosfer kebersamaan dan kehangatan yang begitu terasa.

Meneladani Semangat Kartini, Wanita Inspiratif
Hari Kartini diperingati yang diperingati setiap tanggal 21 April, yang mana selalu identik dengan kebaya untuk mengenang jasa Raden Adjeng Kartini sebagai pahlawan perempuan dan pejuang emansipasi wanita di Indonesia. Peserta yang hadir pun mengenakan busana kebaya sebagai bentuk antusias Peringatan Hari Kartini menjadi bagaian dari kegiatan ini. Semangat Kartini, sang pelopor emansipasi wanita menjadi inspirasi bagi para wanita di Kemantren Umbulharjo untuk terus berkarya dan berinovasi. Sosoknya yang gigih dan pantang menyerah menjadi teladan bagi mereka untuk memajukan diri dan bangsa.

Perpaduan Syawalan dan Peringatan Hari Kartini di Kemantren Umbulharjo merupakan simbolisasi yang indah tentang peran wanita dalam membangun keluarga dan masyarakat. Semangat Kartini dan nilai-nilai silaturahmi yang terjalin di momen Syawalan menjadi pengingat bagi para wanita untuk terus berkarya dan bersinergi dalam memajukan bangsa dan negara.

Setelah kegiatan inti selesai, agenda dilanjutkan perkenalan ketua TP PKK Kelurahan yang baru dan pleno TP PKK Kemantren untuk membahas beberapa persiapan administrasi lomba PKK. Adapun daftar lomba PKK Tingkat Kota Yogyakarta tahun 2024 beserta kelurahan yang mewakili Kemantren adalah sebagai berikut:
Kelurahan Pandeyan: Lomba Administrasi PKK
Kelurahan Giwangan: Lomba PAAR EDI
Kelurahan Semaki: Lomba Aku Hatinya PKK
Kelurahan Tahunan: Lomba IVA
Kelurahan Warungboto: Lomba Posyandu
Seluruh Kelurahan di Kemantren: Lomba UP2K & Gelari Pelangi

"Kami ucapkan selamat untuk lomba UP2K & Gelari Pelangi Kelurahan Semaki  dan Kelurahan Giwangan yang masuk 3 besar. Kami berharap kepada setiap kelurahan yang mewakili peserta lomba PKK tingkat Kota Yogyakarta tahun 2024 agar dapat mengikuti lomba ini dengan penuh semangat kreatif dan inovatif. Untuk administrasi lomba yang belum lengkap dimohon untuk segera melengkapi dan mengingkatkan kualitas administrasi sesuai format yang sudah ada. Saya yakin dengan persiapan yang matang dan kerjasama yang baik dari semua pihak, semoga lomba-lomba ini dapat berjalan dengan lancar dan mendapat prestasi yang membanggakan. Karena melalui administrasi lomba-lomba PKK menjadi bukti langkah kita bersama dalam rangka penggerakan dan meningkatkan kualitas program-program PKK di  Kemantren Umbulharjo. " Ujar Mantri Pamong Praja Umbulharjo.