PACKING PRODUK DORONG TINGKATKAN PENJUALAN UMKM KELURAHAN GOWONGAN

Guna mendongkrak daya jual produk yang di pasarkan oleh pelaku UMKM, maka perlu pengemasan atau packing produk yang baik dan benar. Atas dasar itulah maka Kelurahan Gowongan melaksanakan “ Workshop Packing Produk UMKM “ pada hari kamis ( 25/4/2024 ) bertempat di Aula Kelurahan dan Perpustakaan Gowongan Smart dengan peserta 40 orang dari pelaku UMKM yang ada di wilayah Gowongan. Tema terfokus dengan materi tata cara penataan merk dalam suatu produk . Hal tersebut dengan tujuan untuk meningkatkan nilai jual suatu produk sehingga konsumen akan lebih tertarik untuk membeli produk yang di tawarkan. Dua  Narasumber yang hadir antara lain : Roni Kurniawan M.Pd dosen Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa memberi materi tentang Fungsi kemasan antara lain untuk promosional, kepraktisan dan fungsi proteksi juga diihjelaskan jenis kemasan itu antara lain, ada kertas, plastic, kaleng/logam, gelas /kaca, Biodegradabale,dan jenis edible. Sementara itu sesi kedua diisi oleh Heni Sulistyawati mengangkat tema pentingnya packing sebagai identitas produk, peran packing untuk meningkatkan penjualan, inovasi dalam packing dan bagaiman membuat strategi promosi melalui packing. Didalam packing inipun hendaknya menggunakan bahan yang ramah lingkungan.

Narasumber menyampaikan kepada para peserta pelatihan bahwa penentuan pengemasan produk sangat penting dalam sebuah produk karena dengan pengemasan yang tepat produk akan terlindungi dengan baik sehingga saat melakukan penjualan hingga pengiriman produk akan tetap terjaga kualitasnya, selain itu penentuan kemasan produk yang tepat akan meningkatkan minat konsumen.

Keikutsertaan para pelaku UMKM dalam workshop  packaging produk UMKM  ini diharapkan mampu membawa mereka bersaing dengan produk - produk ternama, tentunya dengan support penuh dari instansi terkait yang menyedikan berbagai fasilitas serta penunjang agar pelaku UMKM dapat lebih sinergis dan inovatif dalam mengembangkan usahanya. Mudah mudahan setelah mengikuti workshop ini para pelaku usaha sudah dapat memecahkan masalah bagaimana cara pengemasan produk yang telah dibuatnya.