UP2K DORONG PENINGKATAN KEMANDIRIAN EKONOMI KELUARGA

Umbulharjo - Kamis (25/04/2024) Kemantren Umbulharjo terus melakukan langkah strategis bagi para kader PKK di Kemantren dan Kelurahan dalam rangka meningkatkan ekonomi keluarga. Sebanyak 25 orang dari perwakilan TP PKK Kemantren, TP PKK Kelurahan dan Pokja 2 Kelurahan se-Kemantren Umbulharjo mengikuti Workshop Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) yang diadakan oleh Tim Penggerak (TP) PKK Kemantren Umbulharjo bertempat di Pendopo Kemantren Umbulharjo.

Acara workshop ini dibuka oleh Bapak Rajwan Taufiq selaku Mantri Pamong Praja Kemantren Umbulharjo dengan menghadirkan 2 narasumber. Bapak Rajwan Taufiq menyampaikan berdasarkan keputusan Ketua TP PKK Kota Yogyakarta Nomor 114/Pokja II/PKK.KT/IV/2024 tanggal 23 April 2024 perihal Lomba Gelari Pelangi dan UPK2K PKK Tingkat Kota Yogyakarta tahun 2024 bahwa Kelurahan Semaki dan Kelurahan Giwangan masuk nominasi 3 Besar kelurahan yang akan dinilai untuk lomba tersebut. Hasil tersebut merupakan hasil monitoring dan evaluasi yang dilakukan TP PKK Kota Yogyakarta terhadap 45 Kelurahan se-Kota Yogyakarta.


Dalam acara ini disampaikan materi mengenai Indikator Gelari Pelangi yaitu Gerakan Gemar Membaca, Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Ketrampilan Keluarga (Rumah Dilan), Penguatan Ekonomi Keluarga melalui Pemanfaatan Potensi Sumber Daya yang dimiliki (Kampung Mari Produksi Sendiri/Kampung Mandiri), Pengembangan UP2K, dan Pengembangan Koperasi (Embrio dari UP2K PKK).

Dengan Workshop UP2K ini diharapkan dapat menambah ilmu dan meningkatkan wawasan untuk melakukan pendampingan keluarga  dalam mengembangkan kreativitas usaha melalui potensi yang dimiliki serta meningkatkan pengelolaan manajemen dan administrasi bagi pelaku kegiatan UP2K.