Sosialisasi Penanganan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ)

Kamis, 25 April 2024 bertempat di Pendopo Madu Gondo Kemantren Kraton diadakan kegiatan Sosialisasi Penanganan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Pada kegiatan Sosialisasi Penganan ODGJ ini diikuti oleh Kader Kesehatan Jiwa (Keswa) serta RT dan RW dari tiga (3) Kelurahan yang ada di Kemantren Kraton, hal ini karena Kader Keswa Serta RT/RW yang sering bersinggungan langsung dan menangani Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang ada di wilayah Kemantren Kraton.

Mantri Pamong Praja Kemantren Kraton Drs. Sumargandi, M.Si menyampaikan bahwa penanganan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) ini penting karena beberapa kali di wilayah Kemantren Kraton terdapat aduan dan penangan mengenai ODGJ. Sehingga dirasa sosialisasi ini penting untuk memberi wawasan kepada kita bagaimana cara menangani dan bagaiaman tindakan kita saat menjumpai kejadian yang terkait dengan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

            Pada Sosialisasi Penanganan ODGJ juga turut dihadiri oleh Kepala Puskesmas dan Psikolog Puskesmas Kraton, menyampaikan kejadian dan penanganan pada orang dengan gangguan jiwa di wilayah Kemantren Kraton. Sosialisasi Penganan ODGJ ini diisi oleh narasumber C. Wijoyo Adinugroho, S. Psi., M. Psi., Psikolog. yang merupakan Psikolog yang sudah berpengalaman menangani berbagai orang dengan ganguan jiwa dengan berbagai latar belakang yang berbeda.

            C. Wijoyo Adinugroho, S. Psi., M. Psi., Psikolog. menyampaikan latar belakang dan trend orang dengan gangguan jiwa ini naik yang merupakan dampak dari pandemi. Selain itu kecenderungan naiknya orang dengan ganguan jiwa dikarenakan belum mendapatkan perhatian yang optimal mengenai pentingnya kondisi kesehatan mental. Pengobatan ODGJ merupakan pengobatan jangka panjang yang memerlukan ketekunan dan kesabaran. maka selain keluarga peran dukungan lingkungan amat sangat diperlukan. Dukungan lingkungan akan menjadi penyemangat bagi keluarga yang mendampinggi penderita ODGJ sekaligus monitoring proses pengobatan.