Guyub Rukun KATANA Brontokusuman

MERGANGSAN; Hari Jum'at tanggal 7 Desember 2018 sebagaimana jadwal yang telah ditetapkan, Lomba KATANA tingkat DIY yang melibatkan KATANA Kelurahan Brontokusuman dilaksanakan. KATANA bersama warga masyarakat Kelurahan Brontokusuman sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Hadir pada kegiatan Lomba KATANA pejabat dari DIY adalah Kepala BPBD DIY, Pejabat dari Pemerintah Kota Yogyakarta adalah Kepala BPBD Kota Yogyakarta, Camat Mergangsan bersama Forkopimka lainnya, Kepala Puskesmas dan petugas dari KUA Mergangsan turut hadir pula dalam kesempatan tersebut.

Penilaian KATANA meliputi administrasi dan praktek lapangan. Penilaian administrasi selain dokumen yang sudah disusun oleh Pengurus KATANA juga meninjau Posko KATANA di Kompleks Kantor Lurah Brontokusuman. Sedangkan titik kumpul untuk evakuasi apabila terjadi bencana berada di halaman Kantor Camat Mergangsan. Praktik lapangan diisi dengan simulasi bencana Gempa Bumi yang dianggap merupakan bencana yang paling berbahaya di wilayah Kelurahan Brontokusuman. Selain itu disertai pula atraksi pendirian tenda sebagai tempat pengungsian. 

Dalam kesempatan tersebut KATANA juga memajang sarana prasarana yang dimiliki dalam penanggulangan bencana meliputi tenda, Generator, mesin pompa air, gergaji mesin, kendaraan tiga roda dan ambulan. Kelengkapan komunikasi HT merupakan sarana dan prasarana yang paling banyak dan dimiliki oleh KATANA maupun pribadi para relawan yang ada di wilayah Kecamatan Mergangsan yang tergabung dalam Mergangsan Radio Community (MRC).