BAZNAS Kota Yogyakarta Kembali Tasyarufkan Dana Untuk Penguatan TKA-TPA Madrasah Diniyah

BAZNAS.JOGJAKOTA.GO.ID, YOGYAKARTA -- Program Jogja Taqwa adalah salah satu program unggulan dari 5 program penyaluran Zakat, Infaq, dan Shodaqoh (ZIS) dan Dana Sosial Keagamaan Lainnya (DSKL) yang dikelola oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Yogyakarta. Sesuai ketentuan syar’i dan regulasi, pentasharufan mendasarkan kepada skala prioritas dan skala prioritas pentasharufan pada tahun 2020 ini yakni untuk program Jogja Taqwa, diantaranya penguatan kelembagaan dan pengembangan kegiatan TKA-TPA serta Madrasah Diniyah, sekurang-kurangnya ada alokasi dana sebesar 1 miliar yang akan disalurkan melalui Program Jogja Taqwa pada tahun 2020 ini. Nantinya bantuan tersebut akan diwujudkan berupa bantuan jariyah santri kurang mampu, bisyaroh atau honor direktur TKA-TPA/Madrasah Diniyah, pelaksanaan pelatihan ustadz-ustadzah, bantuan operasional bagi Badan Koordinasi (BADKO) TKA-TPA baik ditingkat kota maupun rayon, dan bantuan operasional bagi Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT)

Dalam rangka mengawali langkah pada tahun 2020 ini, maka BAZNAS Kota Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan “Temu Silaturrahim dan Pentasharufan Bantuan Jariyah Santri TKA-TPA dan Madrasah Diniyah Kurang Mampu se-Kota Yogyakarta” yang dilaksanakan pada hari Sabtu (15/2/20) di Lantai Dasar Masjid Pangeran Diponegoro komplek Balaikota Yogyakarta. Turut hadir pada kegiatan kali ini, Octo Noor Arafat selaku Kepala Bagian Tata Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Yogyakarta yang dalam hal ini mewakili Walikota Yogyakarta yang sedang berhalangan hadir, disamping itu turut hadir pula bapak Pungut sebagai perwakilan dari Bank Jogja. Tidak hanya sampai disitu, kegiatan ini juga dikuti kurang lebih 250 aktifis TKA-TPA dan Madarasah Diniyah se-Kota Yogyakarta. Dalam sambutannya Octo Noor Arafat menyampaikan, “Allah SWT dan Rasulullah SAW telah memerintahkan umat Islam untuk mengeluarkan zakat atas harta benda yang dimilikinya. Zakat tersebut memiliki banyak keutamaan baik bagi yang mengeluarkannya maupun bagi yang penerimanya.

Pada kesempatan yang sama, Syamsul Azhari selaku Ketua BAZNAS Kota Yogyakarta mengucapkan terima kasih kepada bapak Walikota Yogyakarta beserta jajarannya, atas Zakat, Infaq, dan Shodaqohnya yang telah ditunaikan melalui BAZNAS Kota Yogyakarta. “Teriring do’a semoga Allah SWT senantiasa menjaga kebersihan jiwa, keberkahan harta, dan kesakinahan keluarga para muzaki dan munfiq BAZNAS Kota Yogyakarta,” ujar Syamsul. Syamsul Azhari juga memohon do’a restu kepada seluruh tamu undangan, agar nanti hasil dari audit pengelolaan ZIS dan DSKL pada tahun 2019 yang saat ini sedang dalam proses audit kantor akuntan publik bisa mendapatkan hasil yang baik dengan target predikat Wajar Tanpa Pengecualiaan (WTP), seperti perolehan predikat WTP pada 8 tahun sebelumnya secara berturut-turut (2011-2018).