Ambulans Gratis, Bantu Warga Hadapi Kondisi Darurat

Layanan ambulans gratis di tengah masyarakat menjadi alternatif warga kurang mampu ketika menghadapi situasi darurat. Keberadaan layanan ini diharapkan semakin banyak sehingga bisa membantu warga secara lebih luas.

"Terlebih di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, semangat berbagi sangat dibutuhkan. Seperti penyediaan layanan ambulans gratis untuk warga," ucap Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat peresmian ambulans gratis PCM Muhammadiyah Mantrijeron di Masjid Danunegaran, Sabtu (31/10/2020).

Pihaknya berharap, layanan ambulans gratis semakin banyak sehingga bisa membantu warga secara lebih luas. Mengingat keberadaan layanan tersebut masih sangat dibutuhkan karena ketersediaan fasilitas mobil yang terbatas.

Namun untuk memberikan pelayanan prima, Heroe meminta penyedia layanan ambulans gratis menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, sehingga harapannya bisa membantu warga mengatasi kedaruratan yang dihadapi.

"Jangan sampai ada ambulans tapi tidak sigap pada kondisi darurat. Kondisi seperti itu memerlukan penanganan yang tepat," tuturnya.

Penyedia layanan ambulans gratis diharapkan bisa menjalin kerjasama dengan sejumlah rumah sakit yang berada di lingkungan mereka sehingga layanan bisa lebih maksimal.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Majelis Pelayanan Sosial PDM Yogyakarta, Ridwan Sartoni menuturkan, ambulans gratis PCM Mantrijeron merupakan yang ketiga setelah Tegalrejo dan Wirobrajan.

Berdasarkan data yang dihimpunnya, perjalanan ambulans gratis Lazis Muh sudah mencapai 700 layanan dari 20 titik selama bulan september 2020. (Tam)