Pemkot Yogyakarta Target Oktober Tuntas Vaksinasi   

Pemerintah Kota Yogyakarta menargetkan vaksinasi Covid-19 bagi penduduk setempat tuntas pada bulan Oktober 2021. Kegiatan vaksinasi terus digencarkan di wilayah tingkat kelurahan dan kemantren di Kota Yogyakarta dari hasil penyisiran data. Percepatan vaksinasi Covid-19 juga akan melibatkan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Yogyakarta.

“Vaksinasi target tuntas di Bulan Oktober. Jika terealisasi Yogya akan menjadi kota pertama tuntas vaksinasi,” kata Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti, dalam rapat koordinasi percepatan vaksinasi Covid-19 di Ruang Yudistira Balai Kota Yogyakarta, Selasa (28/9/2021).

Haryadi meminta laporan langsung para mantri pamong praja dari 14 Kemantren di Kota Yogyakarta terkait perkembangan realisasi vaksinasi Covid-19 yang digencarkan di wilayah. Beberapa wilayah sudah ada yang hampir menuntaskan vaksinasi Covid-19 seperti Kemantren Kotagede dengan capaian 99,32 persen, Gondokusuman 99,80 persen dan Pakualaman sebanyak 96 ,98 persen.

Pihaknya mengapresiasi beberapa kemantren yang sudah hampir menuntaskan capaian sasaran vaksinasi Covid-19. Kemantren yang masih berproses pelaksanaan vaksinasi di wilayah diharapkan tetap mengawal sampai selesai. “Percepatan vaksinasi bisa kita lakukan dengan sungguh- sungguh,” ujarnya.

Total realisasi vaksinasi Covid-19 penduduk di 14 kemantren Kota Yogyakarta mencapai sekitar 250.020. Data tersebut terus bergerak karena kegiatan vaksinasi Covid-19 di wilayah kelurahan dan kemantren di Kota Yogyakarta masih berproses.

Pemkot Yogyakarta juga melibatkan Tim Penggerak PKK Kota Yogyakarta untuk percepatan vaksinasi Covid-19. Terutama menyisir warga perempuan dan lanjut usia (lansia) penduduk Kota Yogyakarta yang belum tervaksinasi. Mobil layanan vaksinasi juga akan diterjunkan untuk mendukung percepatan vaksinasi.

“Sudah ada arahan dari Presiden untuk menuntaskan vaksinasi. Stok vaksin di Kota Yogya masih mencukupi untuk menuntaskan warga kota yang belum vaksin,” tambah Haryadi.

Dalam kesempatan tersebut Haryadi juga menyerahkan gelang vaksin kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kota Yogyakarta Tri Kirana Muslidatun. Gelang vaksin sebagai penanda warga sudah divaksin dan memudahkan warga saat berkegiatan di lingkungan Kota Yogyakarta.

Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK Kota Yogyakarta Tri Kirana Muslidatun mengatakan menjadi komitmennya untuk menuntaskan vaksinasi Covid-19 di Kota Yogyakarta. Terutama para perempuan dan penduduk lanjut usia (lansia) warga Kota Yogyakarta.

“Jumlah lansia di Kota Yogyakarta tinggi sehingga kami mengupayakan menyisir lagi lansia yang belum tervaksin. Relawan perempuan digerakan dan bahkan melakukan penjemputan lansia untuk vaksinasi,” ucap Tri Kirana (Tri).