Penjabat Walikota Fokus Lanjutkan Pembangunan Kota Yogya


Penjabat Walikota Yogyakarta Sumadi menghadiri Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Yogyakarta dan menyerahkan dokumen Rencana Pembangunan Daerah Kota Yogyakarta Tahun 2023 - 2026 di Gedung DPRD Kota Yogyakarta, pada Senin (23/5). Acara tersebut sebagai pedoman dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah Kota Yogyakarta tahun 2023 -2026. 

Dalam sambutannya Penjabat Walikota Yogyakarta Sumadi menekankan perumusan visi, misi, tujuan, sasaran serta strategi ke depan dalam bersama-sama mewujudkan Kota Yogyakarta sebagai Kota Nyaman Huni, Kota Budaya, Kota Seni, Jogja Smart City dan Kota Yogyakarta Pusat Pendidikan.

Sumadi menjelaskan akan melanjutkan program kerja Rencana Pembangunan Jangka Panjang Menengah (RPJMD) 2017 – 2022 yang tahun ini masih berjalan. Kemudian akan dilanjutkan dengan visi, misi dan program kerja sesuai Rencana Pembangunan Daerah atau RPD 2023 – 2026.

Hal ini disusun untuk menindaklanjuti Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 70 Tahun 2021 yang mengamanatkan agar Kepala Daerah yang berakhir masa jabatannya pada tahun 2022 untuk menyusun dokumen Rencana Pemerintah Daerah Tahun 2023 – 2026, dengan landasan hukum pelaksanaannya melalui Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 22 Tahun 2022. 

"Langkah yang akan saya lakukan sesuai dengan tugas, pagi tadi kami sudah berkoordinasi bersama seluruh OPD dalam menyampaikan apa saja yang harus dilakukan. Terutama dalam langkah kerja secara teknis," jelasnya.

Ia juga menjelaskan akan terus berkolaborasi bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dalam mengembangkan Kota Yogyakarta  berbudaya dan bermartabat. "Saya akan berusaha secara optimal terutama dalam bidang ekonomi walaupun Covid-19 masih ada, mudah-mudahan segera tertangani sehingga visi misi segera direalisasikan," ujar Sumadi.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Yogyakarta Danang Rudiyatmoko mendukung terus Penjabat Walikota Yogyakarta terutama dalam melakukan pembaharuan inovasi.

"Saya terus mendorong dan mendukung langkah dalam melakukan inovasi yang sempat tertunda pada dua tahun belakangan ini. Ini adalah komitmen bersama dalam membangun Kota Yogyakarta untuk maju. Marilah kita bersinergi satu dan lainnya untuk menjadikan Kota Yogyakarta lebih maju dan sejahtera," ungkapanya.

Ia berharap baik pemerintah maupun DPRD Kota Yogyakarta terus melakukan komunikasi sampai dengan habisnya masa jabatan di tahun 2023. (Hes)