Dapatkan Pendampingan Karang Mitra Usaha, 50 Wirausaha Ciptakan Lapangan Kerja

 


Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (DinPerinKop UKM) Kota Yogyakarta memiliki program penumbuhan dan pembinaan wirausaha, yakni program Karang Mitra Usaha (KaMu). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pendampingan bagi wirausaha dalam upaya untuk meningkatkan jumlah wirausaha dan mendukung penciptaan lapangan pekerjaan dan penanggulangan kemiskinan.

Program ini dikhususkan bagi wirausahawan yang berusia diatas 28 tahun, mereka didorong untuk meningkatkan kualitas produk mereka agar memiliki daya saing. Kepala DinPerinKop UKM Kota Yogyakarta Tri Karyadi mengatakan kegiatan KaMU ini merupakan kegiatan pelatihan dan pendampingan yang telah terselenggara pada 27-29 Juni  2022 di Hotel Boutique Yogyakarta. Dari kegiatan tersebut telah terseleksi 50 orang dan mendapatkan pendampingan usaha.

Kepala DinPerinKop UKM Kota Yogyakarta Tri Karyadi saat di wawancarai Kamis (30/6) mengatakan, untuk pendamping kegiatan KaMU ini dibantu oleh konsultan manajemen yang ditunjuk Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Yogyakarta dengan menggelar pelatihan KaMU menggunakan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik TA. 2022 pada kegiatan Pengembangan dan pemberdayaan Usaha Mikro. 

Dari 100 orang peserta dengan melalui proses seleksi wawancara telah diterima 50 peserta yang mendapat pendampingan. Peserta yang terpilih diberikan bekal mengenai wirausaha, marketing atau promosi, knowledge serta bagaimana mengelola komunikasi usaha yang baik. ''Peserta ini akan didampingi tenga ahli untuk didampingi dalam usaha mereka," jelasnya.

Pihaknya mengatakan peserta ini dari berbagai usaha seperti kuliner, craf, fashion dan jasa seperti jasa fotografi atau catering. "Perkembangan saat ini sangat banyak terutama yang tadinya peserta didominasi ibu-ibu sekarang bapak-bapak pun mulai tertarik," ujarnya. 

Ia berharap para pelaku usaha segera mengimplementasikan apa yang mereka dapat dengan terus konsisten terhadap usahanya. Selain itu, diharapkan tetap menjalin komunikasi dengan DinPerinKop UKM Kota Yogyakarta. (Hes)