Proses Entry Data pada Aplikasi CINTYA  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta Tahun 2022

Sebagai upaya mempermudah pencarian arsip foto secara digital, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta memiliki aplikasi yang biasa disebut CINTYA. Citra Online Jogja Istimewa (CINTYA) menyajikan informasi baik arsip tekstual maupun arsip foto. 

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta berupaya untuk terus meningkatkan layanan pada aplikasi CINTYA termasuk dengan memperbanyak jumlah data arsip yang tersedia secara digital agar pengguna dapat lebih mudah dan cepat dalam melakukan pencarian arsip secara digital. Pada tahun 2022 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta melakukan proses entry data ke dalam aplikasi CINTYA milik KPU sebanyak 145, TUTA Selatan sebanyak 907 dan milik Sekretariat DPRD Kotamadya Dati II Yogyakarta (1979 - 1992) sebanyak 287 berkas dengan total keseluruhan sebanyak 1.339 berkas.

Proses update data ke dalam aplikasi CINTYA dibagi menjadi 3 tim yang memiliki ketugasannya masing – masing. Tim 1 bertugas untuk menyamakan format dari inventaris arsip ke tabel import CINTYA. Tim 2 bertugas melakukan verifikasi hasil alih format tim 1. Sedangkan tim 3 memiliki tugas untuk import data ke dalam aplikasi CINTYA. (Citra Ningrum, A.Md.)