Anugerah Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak (KPAID Award)  Kota Yogyakarta 2022

Kota Yogyakarta memiliki komitmen besar terhadap penyelenggaraan perlindungan dan pemenuhan hak anak. Hal ini dibuktikan melalui terbitnya sejumlah kebijakan dan regulasi demi mewujudkan Kota Yogyakarta Layak Anak. Komitmen dan upaya Pemerintah Kota Yogyakarta tersebut membuahkan hasil setidaknya diindikasikan melalui Predikat Kota Layak Anak Kategori Utama yang diraih Kota Yogyakarta berturut-turut dari Tahun 2021 dan 2022. Pencapaian penghargaan tersebut dikarenakan kontribusi dan kerja sama beragam pihak, mulai dari organisasi perangkat daerah, APH (Aparat Penegak Hukum), Kemantren, Kelurahan, Asosiasi Pengusaha Sahabat Anak, Satuan Pendidikan, Organisasi Kemasyarakatan, Satuan Lingkungan Setempat (RT-RW-RK), dan individu-individu Warga Masyarakat Kota Yogyakarta yang peduli terhadap Anak.

Dengan adanya kontribusi luar biasa dari berbagai pihak tersebut, KPAID Kota Yogyakarta bersama Pemerintah Kota Yogyakarta menyelenggarakan ajang penghargaan Anugerah Perlidugnan dan Pemenuhan Hak Anak ( KPAID Award) 2022. Penghargaan ini tidak saja penting dalam rangka apresiasi beragam inovasi program yang ada serta upaya tak kenal lelah melindungi dan memenuhi hak anak di Kota Yogyakarta, melainkan pula menjadi sarana mengukur kedalaman dan keluasan implementasi kebijakan dan program tersebut.

Gelaran Anugerah Perlidugnan dan Pemenuhan Hak Anak ( KPAID Award) akan bertepatan dengan Hari Anak Sedunia. Harapannya, momentum ini dapat menjadi pemantik bagi semua pihak, baik penyelenggara perlindungan dan pemenuhan hak anak untuk terus berinovasi dalam kebijakan dan program yang berdampak besar bagi upaya pewujudan Kota Yogyakarta Layak Anak.

Adapun Pemenang Anugerah Perlidungan dan Pemenuhan Hak Anak ( KPAID Award)  dalam Penghargaan KPAID Kota Yogyakarta Award Tahun 2022 antara lain, berikut:

  1. OPD Ramah Anak Terbaik dimenangkan oleh Badan Kesbang Pol Kota Yogyakarta
  2. Forum Anak Terbaik dimenangkan oleh Forum Anak Kel. Wirobrajan
  3. Kelurahan Ramah Anak Terbaik dimenangkan oleh Kel. Giwangan
  4. Kemantren Ramah Anak Terbaik dimenangkan oleh Kem. Tegalrejo
  5. Kampung Ramah Anak Terbaik dimenangkan oleh Kampung Ramah Anak Giwangan RW 01
  6. APH Ramah Anak Terbaik dimenangkan oleh Pengadilan Negeri Yogyakarta
  7. Sekolah Ramah Anak Terbaik SMP N 15 Yogyakarta
  8. Sekolah Peduli Perlindungan Khusus Anak Terbaik dimenangkan oleh SMA Budi Luhur
  9. Layanan Kesehatan Ramah Anak Terbaik RSUD Kota Yogyakarta
  10. Tokoh Penggerak Pemenuhan Hak Anak di Bidang Pendidikan dimenangkan oleh Fajar nur Rahmad dari Kem. Umbulharjo
  11. Kader Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak dimenangkan oleh Sapar Riyanto dari Kem. Jetis
  12. Penghargaan Khusus kepada Lembaga yang sudah melakukan Perlindungan Khusus Anak dimenangkan oleh LPKA Kelas 2 Daerah Istimewa Yogyakarta
  13. Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) dimenangkan oleh Kel. Baciro
  14. Tokoh Anak dimenangkan oleh Reisha Amalia Rahmadani dari Kemantren Mergangsan