Pemkot Yogya Jujugan Belajar Dunia Kerja Pemerintah

Umbulharjo - Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Dinkominfosan) Kota Yogyakarta menerima kunjungan dari SMK HKTI 2 Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara. Rombongan sejumlah 50 siswa dan empat guru yang dipimpin oleh guru pendidikan kewarganegaraan,  Eko Walujono. Kunjungan ini diterima oleh Sekretaris Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta, Suciati Sah di Graha Pandawa Balaikota Yogyakarta pada Senin (5/12).

Eko Walujono menyampaikan tujuannya berkunjung ke Dinkominfosan Kota Yogya untuk memberikan gambaran kepada siswa-siswi SMK HKTI 2 Purwareja Klampok dunia kerja di lingkup pemerintah.

"Kami berharap dapat memberikan gambaran seperti apa dunia kerja khususnya di lingkungan pemerintah. Selain itu, juga untuk memberikan gambaran pekerjaan seperti apa setelah lulus dari sekolah jurusan teknik komputer jaringan," ujar Eko.

Suciati Sah mengungkapkan bahwa dirinya merasa bahagia melihat banyak siswi perempuan yang mengambil teknik komputer jaringan. "Saya yakin, pekerja perempuan itu sama saja dengan laki-laki. Di bidang ini juga tidak melihat gender namun berdasarkan kemampuan," ungkapnya.

Pemerintah Kota Yogyakarta memiliki aplikasi yang dinamakan Jogja Smart Service (JSS). Dengan satu aplikasi JSS ini, Suciati menjelaskan masyarakat bisa dengan mudah dan cepat mengakses pelayanan di Kota Yogyakarta. “Jadi JSS ini adalah Balaikota Yogya di duniamaya, JSS ini bisa memberikan pelayanan sebagaimana Balaikota didunia nyata, semua layanan bisa diselesaikan melalui JSS.” lebih jelasnya.

 Suciati Sah menjelaskan Dinkominfosan Kota Yogya memiliki beberapa bidang antara lain bidang infrastruktur dan telematika serta sistem informasi dan statistik bertugas membangun aplikasi, menyediakan perangkat keras, jaringan, dan sebagainya. Selain itu ada bidang informasi dan komunikasi publik bertugas mempromosikan program tersebut kepada masyarakat.

"Ada juga, bidang persandian dan telekomunikasi yang memiliki tugas fungsional untuk menjaga keamanan informasi dengan tugas sehari-hari mengamankan aplikasi yang dibangun dan secara rutin mengetes kemungkinan untuk diretas dengan bekerja sama dengan Badan Siber Daerah," ujarnya.

Semua bidang yang ada di Dinkominfosan  saling mendukung dan bersinergi dalam mensukseskan program Jogja Smart Service (JSS). "Saya berharap, adik-adik ini terus semangat menggali ilmu yang lebih dalam. Jika memiliki kesempatan untuk melanjutkan ke jenjang D3 atau S1, lanjutkan. Banyak peluang perkerjaan di bidang teknik komputer dan jaringan," tambah Suciati. (Chi)