Optimalkan Website Sebagai Strategi Kehumasan Pemerintah

 

 

Ngampilan - Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta, Ignatius Trihastono, menjadi pemateri dalam acara Forum Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pemerintah Daerah (Pemda) DIY yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika DIY di Ndalem Poenakawan pada Selasa (13/12). Kegiatan ini, dilaksanakan untuk optimalisasi pelayanan informasi publik di DIY. 

Trihastono menyampaikan website resmi dapat digunakan sebagai strategi kehumasan Pemerintah dalam melakukan optimalisasi pelayanan publik. Website menjadi media yang memberikan informasi pemerintahan dengan informatif, faktual, transparan dan akuntabel.

Kita telah sepakat konten-konten PPID dimunculkan dan dipublikasikan dalam website resmi masing-masing perangkat daerah dengan informatif, faktual dan menampilkan beberapa segmen lainnya,” ujarnya. 

Informasi yang berhasil diterima oleh publik melalui media yang diakui Komisi Informasi Daerah (KID) maka akan terbentuknya reputasi pemerintah yang positif dan meningkatnya kepercayaan publik pada pemerintah. Menurutnya, mengelola website tidak mudah dan sesederhana yang dibayangkan. Oleh karena itu, Trihastono mengajak setiap daerah bersama-sama menghidupkan website dengan menampilkan konten-konten yang menarik sesuai kelebihan masing-masing daerah.

“Publik itu menuntut kita untuk mengikuti perkembangan trend media sosial. Jadi, mau tidak mau kita harus mengikuti tren ini agar informasi yang kita berikan dilirik oleh publik. Diharapkan kita bisa membuat informasi yang berkelanjutan dengan cara menggunakan media sosial lainnya untuk menyentuh publik lebih luas,” terang Trihastono.

Trihastono meyakini sebagus-bagusnya kinerja pemerintah, tidak bisa melampaui ekspektasi publik. Penyampaian informasi dengan menarik menjadi upaya pendeketan dengan publik. “Apa yang menarik dari Kota Yogya? Kita punya agenda-agenda menarik yang bisa kita sajikan. Begitu juga dengan daerah lain, masing-masing punya keunggulan nah itu yang disajikan," tambahnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika DIY, Hari Edi Tri Wahyu Nugroho mengungkapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta telah mendapat predikat terbaik pertama nasional untuk kategori siaran press pada ajang Anugerah Media Humas (AMH) tahun 2022 melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta.

"Kami sangat mengapresiasi dan mengucapkan selamat, dengan diraihnya penghargaan tersebut membuktikan komitmen Pemkot Yogyakarta dalam menjalankan fungsi kehumasan, terutama menyebarkan informasi secara luas kepada masyarakat," ujarnya. (Chi)