WAKTU YANG PALING UTAMA MENUNAIKAN ZAKAT PERTANIAN

Zakat pertanian adalah zakat yang dikenakan pada hasil pertanian seperti padi, jagung, kedelai, kacang tanah, dan sebagainya. Zakat ini dikenakan sebesar 5% dari hasil panen setelah dipotong biaya produksi dan hutang. Kewajiban zakat pertanian adalah sangat penting bagi setiap umat muslim yang mempunyai lahan pertanian. Namun, untuk menunaikan kewajiban zakat pertanian, ada waktu yang harus diperhatikan.

Berikut ini adalah waktu yang paling utama untuk menunaikan zakat pertanian:

Setelah panen

Waktu yang paling utama untuk menunaikan zakat pertanian adalah setelah panen. Saat ini, petani sudah dapat mengetahui jumlah hasil panen yang didapat. Setelah hasil panen diketahui, petani dapat menghitung zakat pertanian yang harus dibayarkan. Hal ini juga ditegaskan dalam hadist Nabi Muhammad SAW, “Tidak ada zakat pada tanaman atau buah-buahan yang belum dipanen.” Oleh karena itu, menunaikan zakat pertanian setelah panen adalah wajib.

Sebelum dipindahkan

Selain itu, waktu yang paling utama untuk menunaikan zakat pertanian adalah sebelum dipindahkan ke tempat penyimpanan atau dijual. Hal ini juga ditegaskan dalam hadist Nabi Muhammad SAW, “Dari Mu’adz bin Jabal, dia berkata, ‘Saya pernah diutus oleh Nabi untuk memungut zakat dari biji-bijian. Beliau bersabda: ‘Pungutlah zakat itu dari yang sudah dipanen dan jangan ambil zakat dari yang belum dipanen.’” Oleh karena itu, sebelum hasil panen dipindahkan ke tempat penyimpanan atau dijual, sebaiknya zakat pertanian sudah ditunaikan.

Sebelum membayar zakat harta lainnyaWaktu yang paling utama untuk menunaikan zakat pertanian adalah sebelum membayar zakat harta lainnya. Menunaikan zakat harta lainnya, seperti zakat fitrah, zakat maal, dan zakat penghasilan, haruslah dilakukan setelah zakat pertanian dibayar. Hal ini disebutkan dalam sebuah hadist, “Janganlah kamu membayar zakat fitrah, sampai kamu telah menunaikan zakat pertanianmu.” Dengan menunaikan zakat pertanian terlebih dahulu, maka kita telah memastikan bahwa kewajiban zakat yang paling utama telah dipenuhi.

Secepatnya

Selain itu, waktu yang paling utama untuk menunaikan zakat pertanian adalah secepatnya. Setelah panen dan sebelum dipindahkan, sebaiknya kita segera menunaikan zakat pertanian. Hal ini disebabkan karena zakat merupakan hak orang yang berhak menerimanya. Jika kita menunda-nunda pembayaran zakat pertanian, maka kita telah menunda hak orang lain. Selain itu, dengan menunaikan zakat pertanian dengan secepatnya, kita juga dapat meraih keberkahan dari Allah SWT.

================
*Tunaikan zakat melalui BAZNAS Kota Yogyakarta, transfer ke rekening:
BSI: 4441111121
BRI: 153101000005307
BPD DIY Syariah: 801111000054
*Atau melalui link: https://kotayogya.baznas.go.id/bayarzakat
*Kunjungi: website: https://baznas.jogjakota.go.id
https://berbagi.link/baznaskotajogj