MENJEMPUT SYAFAAT ROSULULLAH

Rosulullah Muhammad SAW adalah manusia terbaik yang pernah ada di dunia ini. Beliau adalah rasul terakhir yang diutus Allah SWT untuk membimbing umat manusia menuju kebahagiaan dunia dan akhirat. Di dalam agama Islam, syafaat atau permohonan pertolongan kepada Rosulullah adalah sebuah hal yang sangat dihormati dan diyakini oleh umat Muslim.

Syafaat Rosulullah terbagi menjadi dua jenis, yaitu syafaat kecil dan syafaat besar. Syafaat kecil adalah ketika Rosulullah memberikan pertolongan kepada umatnya di dunia ini, seperti memberikan jalan keluar dari masalah atau memberikan bantuan dalam menghadapi kesulitan. Sedangkan syafaat besar adalah ketika Rosulullah memberikan pertolongan pada hari kiamat nanti, yaitu memohon kepada Allah SWT untuk mengampuni umatnya dan memberikan mereka tempat di surga.

Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman bahwa syafaat Rosulullah akan sangat bermanfaat bagi umat manusia pada hari kiamat. Firman Allah SWT dalam surat Al-Ma'arij ayat 3-4 yang artinya, "Dia yang memiliki kerajaan langit dan bumi, dan Dia tidak memiliki anak dan tidak pula memiliki sekutu dalam kerajaan-Nya. Dan Dia telah menciptakan segala sesuatu dan menetapkan takdirnya dengan sebaik-baiknya. Dan mereka mengambil selain Allah, tuhan-tuhan yang lain, yang sekiranya diingkari, tidak dapat memperjuangkan apa-apa bagi mereka, dan sekiranya dibawa ke pengadilan, mereka tidak dapat dibela. Dan (janganlah kamu mempersekutukan Allah), karena sesungguhnya syafaat itu hanya milik Allah, dan Dia tidak memperbolehkan bagi siapa pun syafaat itu kecuali dengan izin-Nya."

Dalam hadis, Rosulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan ada cahaya baginya antara dua Jumat. Dan barangsiapa yang membaca Ayat Kursi setiap selesai shalat fardhu, maka tidak ada yang menghalanginya untuk masuk ke surga kecuali kematian." Hadis ini menunjukkan bahwa Rosulullah memberikan syafaat kepada umatnya dengan memberikan petunjuk tentang amalan-amalan yang dapat mendatangkan keberkahan dan kebaikan bagi mereka.

Oleh karena itu, sebagai umat Muslim, kita perlu senantiasa memohon syafaat Rosulullah dalam segala hal, baik di dunia maupun di akhirat. Kita harus memohon ampunan dan bimbingan dari Allah SWT melalui syafaat Rosulullah agar kita bisa mendapatkan surga-Nya. Dan tentunya, kita juga harus senantiasa berusaha untuk menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya agar kita layak mendapat syafaat Rosulullah pada hari kiamat nanti.

================
*Tunaikan zakat melalui BAZNAS Kota Yogyakarta, transfer ke rekening:
BSI: 4441111121
BRI: 153101000005307
BPD DIY Syariah: 801111000054
*Atau melalui link: https://kotayogya.baznas.go.id/bayarzakat
*Kunjungi: website: https://baznas.jogjakota.go.id
https://berbagi.link/baznaskotajogja