Menparekraf Nyatakan Kamwis Purbayan Desa Wisata Kelas Dunia

KOTAGEDE- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf)  Sandiaga Uno mengunjungi Kampung Wisata (Kamwis) Purbayan yang masuk dalam 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2023. Dalam kunjungannya, Sandiaga Uno menyatakan bahwa Kamwis Purbayan layak sebagai desa wisata berkelas dunia.

"Kamwis Purbayan ini sudah mendunia, tugas kita menggunakan moment ini menciptakan peluang usaha untuk 4,4 juta lapangan kerja. Selain itu, Kamwis Purbayan ini melengkapi produk-produk unggulan di DIY. Keren desa wisata berbasis sejarah," ujar Menparekraf Sandiaga Uno, saat sambutan, Minggu (4/6/2023).

Sandiaga Uno mengungkapkan, dari 4.573 desa wisata pilihan, Kamwis Purbayan telah terpilih menjadi desa wisata terbaik se-Indonesia. 

Menurutnya, disini banyak nilai budaya, sejarah terutama Kerajaan Mataram Islam serta UMKM seperti perak dan batik yang tidak kalah luar biasa. Tak hanya itu, potensi lain dari Kamwis Purbayan kerajinan keris, kerajinan kulit, kerajinan filigree serta pengrajin blangkon.

"Bicara soal kreativitas, di DIY merupakan juaranya, karena sudah proses uji petik sebelumnya. Mudah-mudahan ini bagian dari lokomotif bagian pencarian kerja. Karena di Indonesia ekonomi kreatif ini kita No 3 terbesar dunia," ujarnya.

Ia berharap, pemasaran produk UMKM kerajinan ini mampu menembus pasar ekspor internasional. Sehingga akan semakin banyak lapangan pekerjaan terbuka lebar.

"Kita harus mampu menembus pasar ekspor dengan menampilkan di Singapura atau Hongkong. Kita harus kurasi dengan membuat event kelas nasional dan internasional," katanya.

Untuk mendukung kreativitas seiring dengan era digitalisasi, Sandiaga Uno memberikan bantuan berupa komputer portable dan mesin cetak untuk mendukung sarana Kamwis Purbayan agar ke depannya lebih melek terhadap media yang serba cepat dan up to date.

"Dengan digitalisasi akan bertambah jumlah kunjungan. Tetapi yang terpenting adalah peningkatan kualitas  produk ekonomi kreatif" ujarnya

Penjabat Walikota Yogyakarta Singgih Raharjo mengungkapkan, sangat bangga dan terima kasih atas semangat dan kreativitas warga Kamwis Purbayan.

"Saya sangat bangga, salah satu kampung yakni Kamwis Purbayan merupakan satu diantara ADWI. Kesempatan baik ini semoga semakin dikenal wisatawan lokal, nasional maupun internasional. Sehingga kedatangan Menparekraf ini dapat memastikan bahwa Kamwsi Purbayan menarik dan banyak diminati wisatawan," ujar Singgih.

Ia berharap, dengan kunjungan Menparekraf ini wisatawan dari lokal dan mancanegara akan bertambah. Sehingga mampu meningkatkan perekonomian warga Purbayan.

"Ini merupakan warisan budaya yang masuk kawasan cagar budaya. Harapannya semakin meningkat ekonomi kreatifnya. Mari datang ke kampung wisata sekarang juga," jelasnya.

Selanjutnya, Ketua Pokdarwis Purbayan Nurcahyo Nugroho mengatakan, ke depannya akan mengunggulkan Kamwis Purbayan sebagai Kampung Pusaka dan Penjaga Tradisi dengan beberapa paket wisata yang dapat dinikmati wisatawan.

"Kamwis Purbayan ini sebagai Kampung Pusaka dan Penjaga Tradisi. Kami menawarkan paket wisata untuk wisatawan yang datang dengan menjelajahi bangunan cagar budaya dan bangunan warisan budaya yang ada di Kamwis Purbayan," jelasnya.

Dengan adanya keunggulan Kanwis Purbayan ini diharapkan menjadi pilot projek bagi kampus wisata lainnya. (Hes)