Sinergi Pemkot Yogya-Polresta Beri Keamanan Masyarakat   

UMBULHARJO-Kepolisian Resor Kota (Polresta) Yogyakarta menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Bhayangkara atau Kepolisian Negara Republik Indonesia di Lapangan Balai Kota Yogyakarta pada Sabtu (1/7/2023). Pada momentum HUT ke-77 Bhayangkara itu, Polresta Yogyakarta diharapkan terus berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemerintah Kota Yogyakarta untuk memberikan keamanan dan kenyamanan masyarakat.

Penjabat Walikota Yogyakarta, Singgih Raharjo mengucapkan selamat ulang tahun untuk Bhayangkara Polri yang ke-77. Menurutnya usia 77 tahun merupakan usia yang sudah matang. Pihaknya berharap Polri semakin lebih presisi atau prediktif, responsibilitas, transparansi, dan berkeadilan, serta memberikan pengayoman kepada masyarakat. Selain itu berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemkot Yogyakarta untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat agar aman dan nyaman.

“Harapan saya Polri akan semakin lebih presisi dan lebih memberikan pengayoman kepada masyarakat untuk ketertiban masyarakat. Kolaborasi dan sinergi antara polri dengan Pemerintah Kota Yogyakarta untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di Kota Yogyakarta supaya aman dan nyaman. Baik itu untuk masyarakat maupun dan wisatawan,” kata Singgih ditemui usai menghadiri Upacara HUT ke-77 Bhayangkara di Balai Kota Yogyakarta.

Upacara peringatan HUT ke-77 Bhayangkara itu diikuti jajaran Polresta Yogyakarta, Satpol PP Kota Yogyakarta, Linmas Kota Yogyakarta, Pramuka dan organisasi masyarakat Paksi Katon. Upacara juga dihadiri oleh Penjabat Walikota Yogyakarta Singgih Raharjo bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Yogyakarta. Dalam upacara itu, Kapolresta Yogyakarta, Kombes Pol Saiful Anwar bertindak sebagai Inspektur upacara.

Sementara itu Kapolresta Yogyakarta Kombes Pol Saiful Anwar mengatakan HUT ke-77 Bhayangkara memberikan makna Polri semakin presisi untuk meningkatkan pelayanan perlindungan dan pengayoman ke masyarakat. Hal itu sesuai dengan slogan Polri yakni Presisi yang berarti prediktif, responsibilitas, transparansi, dan berkeadilan.

“Makna Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-77 ini adalah Polri semakin presisi dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat. Khususnya yang ada di Kota Yogyakarta. Kita berharap Yogyakarta menjadi kota yang semakin aman, tertib dan nyaman. Baik bagi masyarakat di Kota Yogyakarta maupun wisatawan yang ke Yogyakarta,” terang Kapolresta Yogyakarta, Kombes Pol Saiful Anwar.

Dalam kegiatan upacara tersebut juga diserahkan penghargaan kepada sejumlah personel Polresta Yogyakarta yang berprestasi. Penghargaan itu antara lain atas keberhasilan tim mengungkap kasus tindak pidana pencurian dengan pemberatan dengan modus pembobolan mesin ATM dan mengungkap kasus tindak pidana tanpa kewenangan mengedarkan sediaan farmasi 57.604 butil pil yarindo dan 695 butir pil tramadol.

Selain itu Kapolresta Yogyakarta juga menyerahkan penghargaan lomba Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) Kota Yogyakarta dalam rangka HUT ke-77 Bhayangkara. Adapun para pemenang lomba FKPM Kota Yogyakarta, juara 1 diraih oleh FKPM Sido Rukun Kelurahan Kricak, juara 2 FKPM Purbosagan Kelurahan Terban dan Juara 3 FKPM Jageran Mangkuyudan Kelurahan Mantrijeron. (Tri)