Syiar Islam ke Generasi Muda Lewat Jogja Takbir Festival 2023

Umbulharjo-Berbagai atraksi dan kreasi anak-anak hingga remaja digelar di Kota Yogyakarta malam ini Jumat (30/6/2023) dalam memeriahkan Jogja Takbir Festival 2023.

Belasan peserta yang ambil bagian dalam festival tersebut menyuguhkan kebolehan mereka melalui pertunjukan display di area pembukaan dan pada saat di garis finish.

Ratusan remaja ini menampilkan kreativitas mereka dengan suasana penuh gegap gempita. Masyarakat Kota Yogyakarta pun turut larut dalam suasana tersebut.

Para peserta mengambil rute awal di Jalan Kapas, kemudian mereka melewati sepanjang Jalan Kenari, dan berakhir di Jalan Ipda Tut Harsono atau di depan Rumah Dinas Walikota Yogyakarta.

Tak hanya warga, para penjual makanan dan minuman pun tampak ramai memadati sepanjang rute pawai.

Gelaran tersebut diinisiasi oleh Angkatan Muda Muhammadiyah Kota Yogyakarta. Ketua panitia Jogja Takbir Festival 2023, Dadang Arif Dwi Saputra mengatakan festival tersebut diselenggarakan sebagai upaya untuk menyiarkan Islam.

Menurutnya festival dengan memadukan pawai dan kesenian dipilih untuk menarik minat generasi muda dalam menyiarkan Islam. "Di era modern sekarang ini anak muda lebih senang model festival, pawai, kesenian,” ucapnya.

Event ini juga dilombakan dengan merebutkan juara umum, juara pertama, kedua, dan ketiga. Untuk kriteria penilaiannya antara lain atraksi atau parade dari kelompok, kemudian kumandang takbir, kostum, dan maskot.

Ia berharap melalui kegiatan ini dapat mewadahi para pemuda untuk bisa terlibat dalam kegiatan positif.

Hadir dalam acara tersebut, Penjabat Walikota Yogyakarta, Singgih Raharjo. Ia pun sangat menyambut baik gelaran ini. Menurutnya dengan acara tersebut dapat menggali ide kreatifitas dari para peserta. Selain itu juga menjadi daya tarik wisata yang unik bagi Kota Yogyakarta.

"Selain dapat menggali ide kreativitas dan mengemasnya menjadi semenarik mungkin, kami berharap acara ini juga dapat meningkatkan geliat pariwisata di Kota Yogyakarta," katanya.

Untuk juara umum dan juara 1 diraih peserta dari Assalam Muhtadien Basen, sementara juara kedua dan ketiga jatuh pada Anuha Purbayan Kotagede dan Komariyah Mantrijeron. (Han)