Harmoni Embung Giwangan Lestarikan Gamelan Kebudayaan

Dalam meningkatkan minat generasi muda dalam pelestarian seni, adat dan tradisi yang luhur, UPT Pengelolaan Taman Budaya adakan Harmoni Embung Giwangan.

Kepala UPT Pengelolaan Taman Budaya Kota Yogyakarta, Retno Yuliani menjelaskan, di era globalisasi sekarang salah satu tantangan yang perlu menjadi perhatian adalah bagaimana menjaga dan menumbuhkan minat anak muda, untuk mengenal dan mau melestarikan adat budaya.

“Ini merupakan isu strategis dalam bidang kebudayaan, yaitu bagaimana kita bersama-sama terus menjaga dan mempertahankan kearifan budaya lokal, hal ini salah satunya kami tempuh melalui program Harmoni Embung Giwangan,” jelasnya pada Rabu (13/7).

Caption
Soft Launching Harmoni Embung Giwangan.

Minggu lalu telah dilakukan soft launching Harmoni Embung Giwangan, pada rangkaian acara Kotabaru Heritage Festival di Lapangan Kridosono Yogyakarta, sebagai momen pengenalan kepada masyarakat, dengan mengajak para pengunjung menikmati dan merasakan langsung memainkan alat musik gamelan yaitu bendhe.

“Konsep Harmoni Embung Giwangan adalah mengajak masyarakat, khususnya generasi muda untuk memainkan langsung, salah satu alat musik gamelan yaitu bendhe, secara bersama dipandu dua orang konduktor, dengan delapan nada menjadi harmoni lagu tradisional Jogja yang apik,” ujarnya.

Konduktor Harmoni Embung Giwangan.

Nantinya program tersebut akan menjadi layanan edukasi yang disediakan di Taman Budaya Embung Giwangan. Dengan harapan program tersebut mampu mengembalikan dan menumbuhkan ketertarikan generasi muda, akan seni tradisi melalui pemanfaatan media gamelan yang interaktif dan menyenangkan.

“Kemauan mempelajari gamelan, baik sekadar mengenal atau mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari, mampu menjaga kebudayaan tradisional, agar tetap menjadi keistimewaan yang dapat terus diwariskan secara turun- temurun,” tuturnya.

Harmoni Embung Giwangan akan diresmikan pada tahun 2024, bagi pengunjung yang berminat untuk mencoba secara langsung pengalaman memainkan alat musik gamelan dengan latar Embung Giwangan, dapat ikuti informasi lengkap dan terbarunya di laman Web Taman Pintar
atau Instagram Taman Pintar.