UMKM Kota Yogya Perluas Pasar di Indonesia City Expo (ICE) Makassar

Makassar-Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta hadir memeriahkan agenda tahunan Indonesia City Expo (ICE) yang merupakan rangkaian kegiatan APEKSI XVI. 

Pada gelaran tersebut Pemkot Yogya
membawa tujuh pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan berbagai produk unggulannya seperti batik, bakpia, kain lurik, hingga tas kulit.

Sebagai informasi gelaran ICE ini adalah salah satu wadah berkumpulnya ratusan booth UMKM dan inovasi dari seluruh kota di Indonesia. 

Acara yang digelar di Anjungan City Point of Indonesia, Makassar, Sulawesi Selatan ini dibuka oleh Ketua Apeksi yang juga merupakan Walikota Bogor, Bima Arya.

Bima Arya mengatakan expo ini bertujuan untuk mempromosikan potensi dan inovasi dari masing-masing kota di Indonesia, serta memfasilitasi pertukaran pengetahuan dan pengalaman di antara pemerintah kota anggota Apeksi.

"Masing-masing kota menampilkan potensi dan program unggulan yang sedang dikembangkan," katanya Kamis (13/7/2023).

Antusiasme pengunjung saat membeli produk UMKM unggulan Kota Yogya pada gelaran ICE 2023 di Kota Makassar.

Sementara itu Penjabat Walikota Yogyakarta, Singgih Raharjo mengatakan keikutsertaan Kota Yogya dalam pameran tersebut merupakan salah satu upaya mempromosikan potensi ekonomi kreatif di Kota Yogya.

"Ini juga untuk mengasah kreativitas para pelaku UMKM usai mengikuti kegiatan ICE, terutama dalam membaca pasar untuk mencapai kemandirian dan tidak bergantung lagi kepada pemerintah," bebernya.

Orang nomor satu di Kota Yogya ini menegaskan akan terus berupaya untuk membawa UMKM di Kota Yogya maju dan berkembang melalui berbagai program.

"Para pelaku UMKM ini harus bisa melihat potensi besar di pasar nasional, agar suatu saat mereka bisa mendirikan outlet sendiri di beberapa daerah lain," ujarnya.

Singgih berharap melalui kegiatan ICE dapat memberikan dampak positif bagi pelaku UMKM di Kota Yogya dan semakin dikenalnya produk-produk lokal Kota Yogya.

“Kita berharap UMKM di Kota Yogya dapat terus bangkit dan berkembang. Kami akan terus berupaya membawa dan memasarkan produk UMKM diberbagai kegiatan," ungkapnya. (Han)