Kota Yogya dan Republik Ceko Tingkatkan Kerja Sama Pariwisata

Umbulharjo - Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo menerima secara langsung kunjungan dari Duta Besar Indonesia untuk Republik Ceko di Ruang Nakula Balaikota Yogyakarta, Jumat (21/7/2023).

Duta Besar Indonesia untuk Republik Ceko Kenssy Dwi Ekaningsih mengatakan, kedatangan kali ini untuk membicarakan kerjasama antara Pemerintah Kota Yogyakarta dengan Pemerintah Republik Ceko.

Selain itu, ada kesamaan antara keduanya yakni pada klaster Pariwisata, Budaya dan Pendidikan. 

Ia juga mengaku ada beberapa sektor lainnya yang ingin dikerjasamakan antara lain dibidang teknologi dan ekonomi kreatif.

Duta Besar Indonesia untuk Republik Ceko Kenssy Dwi Ekaningsih saat memberikan sambutan.

Ia berharap, jika memungkinkan akan terlebih dahulu untuk melihat beberapa potensi yang ada di Kota Yogyakarta.

"Nantinya kita akan rencanakan kerjasama antara kota kembar dengan Kota Yogyakarta. Dimana Republik Ceko memiliki dua kota yang sama-sama bagus pada klaster pariwisata, budaya dan pendidikan yang berada di Hluboká nad Vltavou dan Český Krumlov," jelasnya.

Pihaknya mengatakan, Kota Hluboká nad Vltavou dan Český Krumlov yang berada di Republik Ceko tersebut merupakan salah satu kota yang mendapatkan penghargaan dari Unesco Heritage.

Dengan demikian harapannya, tidak hanya sekedar kerjasama saja melainkan ada tindak lanjut yang bisa mempererat keduanya agar terus bekerjasama dalam klaster pariwisata, budaya maupun pendidikan.

"Saya berharap, ini menjadi letter of intens, tidak berhenti dalam dokumen saja tetapi dengan  implementasi kerjasama yang diperdalam," ujarnya.

Suasana saat berdiskusi dihadiri oleh steakholder terkait.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo mengatakan, ini merupakan awal yang baik bagi keseriusan Pemerintahan Republik Ceko bekerjasama dengan Pemerintah Kota Yogyakarta.

Terlebih, Republik Ceko juga sangat terbuka untuk sama-sama mempromosikan pariwisata, budaya dan pendidikan antara keduanya.

"Ini merupakan awal yang baik. Terlebih keduanya sama-sama memiliki daya tarik yang sama. Harapannya ini menjadi media bertukar informasi antara satu dan lainnya agar keduanya bisa terus menjalin kerjasama," jelasnya. (Hes)

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo memberikan buah tangan kepada Duta Besar Indonesia untuk Republik Ceko Kenssy Dwi Ekaningsih di ruang kerjanya.