Geliatkan Yogya Selatan Lewat J-Tugu Agro Expo   

MANTRIJERON- Pameran potensi agro Kota Yogyakarta bertajuk J-Tugu Agro Expo diadakan di Sub Raiser Ikan Hias Yogyakarta di Jalan Bantul pada 21-23 Juli 2023. Selain mempromosikan produk agro, pameran itu adalah salah satu upaya Pemerintah Kota Yogyakarta untuk menggeliatkan Yogyakarta selatan. Terutama memanfaatkan keberadaan Sub Raiser Ikan Hias Yogyakarta.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Pemkot Yogyakarta Kadri Renggono mengapresiasi Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta yang mengadakan J-Tugu Agro Expo. Dia menyatakan selama 3 hari kegiatan J-Tugu Agro Expo adalah upaya Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta mengoptimalkan sumber daya dari komunitas ikan dan kelompok tani serta memaksimalkan Sub Raiser Ikan Hias Yogyakarta.

“Ini bagian  dari kita mengembangkan Yogya selatan. Kita perlu banyak mengadakan acara di Yogya selatan yang bisa memberikan manfaat bagi masyarakat,” kata Kadri usai membuka J-Tugu Agro Expo, di Sub Raiser Ikan Hias Yogyakarta di Jalan Bantul, Yogyakarta, Jumat (21/7/2023).

Pelepasan ikan guppy menandai pembukaan J-Tugu Agro Expo 2023.

Menurutnya kawasan Yogyakarta selatan di Sub Raiser Ikan Hias yang lokasinya bersebelahan dengan Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (Pasthy) sudah relatif terbentuk geliat masyarakat. Diharapkan kegiatan J-Tugu Agro Expo itu tidak berhenti diadakan sekali saja sehingga menjadi daya tarik dan kawasan itu bisa ramai serta bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

“Saya kira kawasan ini sudah relatif terbentuk. Tinggal memelihara kemudian meningkatkan saja. Kalau dua hal itu bisa dilakukan insya Allah tetesan (manfaat) ke kanan kiri masyarakat akan lebih maksimal pula,” paparnya.

Ikan hias glofish tampil warna warni salah satu ikan hias yang dipamerkan dalam J-Tugu Agro Expo.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, Suyana mengatakan kegiatan J-Tugu Agro Expo adalah salah satu bagian untuk menghidupkan Sub Raiser Ikan Hias Yogyakarta. Pihaknya bersama komunitas ikan dan kelompok tani akan mencoba menggadakan J-Tugu Agro Expo secara rutin untuk mempromosikan produk agro Yogyakarta seperti ikan, tanaman serta olahannya.

“Makanya kita buatkan yang semi permanen yang kita manfaatkan setiap Jumat Sabtu Minggu untuk membuka usaha di sini. Ini bukan pasar atau kios, ini adalah fasilitas yang diberikan pemkot untuk membuka hasil produk ikan, sayuran dan tanaman hias,” terang Suyana.

Tanaman bunga anggrek juga ditampilkan dalam pameran J-Tugu Agro Expo 2023.

Total ada 32 stan yang dipamerkan dalam J-Tugu Agro Expo seperti ikan hias, ikan konsumsi, produk olahan ikan, potensi pertanian dan hortikultura serta olahan pangan lokal. Kegiatan melibatkan komunitas ikan hias seperti komunitas guppy, koki, predator, beta, kelompok pengolahan dan pemasaran hasil perikanan serta ikan segar. J-Tugu Agro Expo 2023 juga akan dimeriahkan dengan kontes ikan guppy.

Sedangkan potensi pertanian yang tampil dalam J-Tugu Agro Expo misalnya tanaman buah dalam pot (tabulampot) seperti kelengkeng, jeruk dan mangga. Salah satu yang menarik adalah tabulampot Mangga Mahatir yang memiliki ukuran jumbo. Suyana menyebut dengan satu buah mangga Mahatir bisa mencapai bobot 2,5 kilogram.

Tabulampot Mangga Mahatir yang berukuran jumbo menjadi daya tarik para pengunjung J- Tugu Agro Expo.

Kegiatan J-Tugu Agro Expo itu dibuka untuk masyarakat umum dan gratis. Masyarakat bisa datang dan membeli berbagai produk agro yang menarik pameran tersebut. Lokasi Sub Raiser Ikan Hias Yogyakarta berada di selatan Pasthy sisi barat. (Tri)