Paskibraka Pembentuk Karakter Tangguh Pemuda Kota Yogya

Umbulharjo – Pendidikan dan Pelatihan Paskibraka tidak hanya untuk menyiapkan kepentingan Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus saja, tetapi juga sebagai ajang membangun karakter tangguh bagi pemuda dan pemudi Kota Yogya.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya, dalam Pembukaan Pelatihan Tahap II Calon Paskibraka (Capas) Kota Yogyakarta, Selasa (25/7) di Halaman Balaikota. Pihaknya mengatakan, kegiatan tersebut dapat menjadi media dalam membangun aspek disiplin berlatih yang tinggi, juga memperkuat karakter generasi muda Kota Yogyakarta.

“Kami ingin menitipkan pesan kepada adik-adik Capas Kota Yogya, jadikanlah ajang pendidikan dan pelatihan ini sebagai tempat tidak hanya untuk berlatih persiapan Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI, tapi juga sebagai kesempatan untuk lebih menguatkan karakter, dan pengembangan diri menjadi semakin baik,” pesannya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya, dalam Pembukaan Pelatihan Tahap II Calon Paskibraka (Capas) Kota Yogyakarta.

Sementara itu Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kota Yogyakarta, Agus Trimadi menjelaskan, ada tiga tahap pelatihan Capas. Selain baris-berbaris, juga penguatan mental dan latihan gabungan bersama TNI dan POLRI.

“Total ada 46 Capas Kota Yogyakarta yang telah lolos seleksi administrasi, akademik, fisik dan psikis dari 301 pendaftar. Tahun 2023 ini Kota Yogya berhasil mengirimkan 2 wakil ke tingkat nasional, dan 6 wakil di DIY,” jelasnya.

38 Calon Paskibraka (Capas) Kota Yogyakarta.

Kesiapan Capas tahun 2023 tentu terus kami perkuat, lanjut Agus, kali ini Kota Yogya juga berhasil mengirimkan 2 wakil di tingkat nasional, 1 puta dan 1 putri. Dengan hasil tersebut kami harap, tahun depan prestasinya akan semakin baik.

“Dari segi kesiapan fisik dan mental Capas, selalu kami dorong dan tingkatkan. Agar nanti saat hari Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI, bisa memberikan yang terbaik, dan setelahnya tetap menjadi pribadi yang disiplin dan tangguh,” tambahnya. (Jul)

Pelatihan Tahap II Calon Paskibraka (Capas) Kota Yogyakarta Resmi Dimulai.