Tak Hanya Latihan Fisik, Capas Kota Yogya juga Dibekali Wawasan Kebangsaan

Umbulharjo - Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia tinggal menghitung hari. Sebanyak 38 calon paskibraka (capas) putra dan putri Kota Yogyakarta gigih berlatih baik secara fisik maupun mental. 

Saat ini mereka memasuki latihan tahap kedua, sesuai dengan latihan di tingkat nasional pada tahun ini berlaku ekstra latihan fisik. Harapannya aspek fisik tertata dan fokus untuk persiapan upacara peringatan HUT Ke-78 RI.

Chelsya Quaneyshaila Oktalika salah satu anggota capas Tahun 2023.

Hal ini juga yang dirasakan Chelsya Quaneyshaila Oktalika sebagai salah satu anggota capas Tahun 2023 dari SMA Negeri 8 Kota Yogyakarta.

Sejak tanggal 25 Juli hingga 8 Agustus 2023 Pelatihan Capas memasuki Tahap II. Ia mengaku sudah mulai beradaptasi dan mempersiapkan diri menyambut Peringatan Upacara HUT Kemerdekaan RI yang dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2023.

“Untuk kesiapan, kami sudah menjalani pelatihan dari Tahap I dan sudah beradaptasi mulai dari pemberian materi dasar, etika, mental dan fisik sudah dipersiapkan. Terlebih saat ini sudah mulai masuk pelatihan ke Tahap II,” jelasnya.

Eca yang sering disapa mengaku, untuk masuk dalam barisan capas memerlukan perjuangan yang sangat luar biasa. Tidak hanya mental dan fisik saja tetapi menurutnya, semangat mencapai kesuksesan dan kelancaran dalam pelaksanaan Upacara HUT Kemerdekaan RI menjadi poin utama.

Capas Kota Yogya saat melakukan formasi baris berbaris di Halaman Balaikota Yogyakarta, Senin (1/8/2023).

Sebelumnya, Ia dan capas lainnya mengikuti ujian seleksi dari sekolah yang menjadi bakal calon paskibraka. Lalu setelah seleksi yang dilaksanakan pada bulan Februari 2023, terpilih capas enam pasang yang mengikuti seleksi di tingkat kota. Setelah itu, dilanjutkan seleksi administrasi, fisik, wawancara dan terpilihlah capas yang akan berlatih untuk mempersiapkan Upacara HUT Kemerdekaan RI Tahun 2023.

Ia juga mengatakan, tidak hanya mental saja yang dipersiapkan tetapi Ia juga merawat fisik/kesehatan dengan minum vitamin dan istirahat yang cukup, agar selama pelatihan badan tidak gampang sakit dan bisa mengikuti keseluruhan materi yang sudah dipersiapkan.

“Kami akan menambahkan semangat, agar pada bulan Agustus 2023 siap untuk mengibarkan merah putih. Untuk tips mencegah sakit, saya sering minum vitamin, gula jawa dan tidak tidur larut malam. Selain itu, saat jeda antara pelatihan Tahap I dan II saya tetap melakukan latihan fisik seperti jogging dan push up agar badan tetap bugar,” ungkapnya.

Koordinator Pelatih Capas 2023, Kapten Restu Sujoko saat melakukan koordinasi dengan capas Kota Yogyakarta.

Sementara itu, Sub Koordinator Kelompok Substansi Pembinaan Kepemudaan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta Mugi Suyatno mengatakan, untuk jangka waktu latihan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

Untuk tahun ini mekanismenya semua capas latihan sejak pagi pukul 08.00 hingga 11.30 WIB dilanjut ishoma. setelah itu capas melakukan ekstra latihan fisik yang dimulai pukul 14.00-15.30 WIB.

“Penambahan waktu ini disesuaikan dengan waktu pelatihan yang ada di Tingkat Nasional. Selain itu, mereka diberi izin khusus untuk tidak mengikuti pelajaran di sekolah selama 25 hari. Harapannya aspek fisik tertata dan fokus untuk persiapan diri agar Upacara Kemerdekaan RI berjalan dengan lancar,”katanya.

Selanjutnya, Koordinator Pelatih Capas 2023, Kapten Restu Sujoko mengungkapkan, semua anggota capas ini sudah diberikan materi mengenai baris berbaris seperti tempo/langkah hingga formasi lengkap. Sehingga ketika nantinya melakukan gabungan pelatihan bersama TNI dan POLRI akan berjalan dengan lancar.

Suasana saat capas mengikuti pelatihan.

Tak hanya itu, mereka juga dibekali materi mengenai wawasan kerbangsaan, kedisplinan dan kepemimpinan pada saat tahap akhir yakni tahap karantina, pada tanggal 10-19 Agustus 2023.

“Kita sudah mengadakan dua hari penyegaraan penyamaan gerakan bersama dengan TNI dan POLRI untuk menyamakan irama langkah dan ritme, sehingga dapat memudahkan semua dalam pelaksanaan upacara nantinya,” jelasnya.

Selain dilatih mental dan fisik, Restu menambahkan, para capas ini juga difasilitasi pemeriksaan psikologis yang diharapkan tidak hanya fisik yang sehat tetapi jiwa dan pikiran ikut sehat. (Hes)