Pemkot Yogya Ajak Masyarakat Terus Lindungi dan Penuhi Hak Anak   

UMBULHARJO- Puncak Peringatan Hari Anak Nasional tingkat Kota Yogyakarta tahun 2023 diadakan di Balai Kota Yogyakarta pada Kamis (3/8/2023). Peringatan hari anak itu menjadi momentum penyemangat untuk melindungi dan memenuhi hak-hak anak. Pemerintah Kota Yogyakarta mengajak semua pihak untuk terus berkolaborasi dan bersinergi memberikan perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak.

“Hari anak nasional sudah terlewat beberapa waktu lalu. Tetapi semangat kita adalah bagaimana kita memberikan perlindungan dan pemenuhan hak anak,” kata Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo saat peringatan Hari Anak Nasional tahun 2023 Kota Yogyakarta.

Singgih saat berinteraksi dengan sejumlah anak dalam peringatan Hari Anak Nasional Kota Yogyakarta tahun 2023.

Menurutnya perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak sangat penting. Mengingat anak-anak adalah generasi penerus dan calon pemimpin untuk menyongsong Indonesia emas pada tahun 2045. Dalam peringatan Hari Anak Nasional Kota Yogyakarta itu Singgih berdialog dengan sejumlah anak terkait cita-cita dan lainnya. Singgih berharap orangtua dan guru bisa mendampingi dan memberikan warna agar anak mempunyai mimpi cita-cita dan cara untuk mencapainya.

Pihaknya mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi atas kerja dan kolaborasi sinergi bersama yang sampai saat ini terus mempunyai komitmen untuk memberikan perlindungan dan pemenuhan hak anak di Kota Yogyakarta. Komitmen terhadap anak itu salah satunya dibuktikan dengan sejumlah penghargaan terkait anak yang diraih Kota Yogyakarta yakni Kota Layak Anak dan Anugerah Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) selama beberapa kali.

Penampilan musikalisasi puisi dari siswa tuna netra Yaketunis Yogyakarta dalam peringatan Hari Anak Nasional Kota Yogyakarta tahun 2023.

“Jadi ini merupakan satu bukti komitmen kita bagaimana memberikan perlindungan maupun pemenuhan hak anak. Kalau kita melihat di Kota Yogyakarta kita punya banyak sekali anak yang harus kita layani. Ini menjadi bagian yang sangat penting untuk mempersiapkan mereka menjadi pemimpin kita,” terangnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Yogyakarta, Edy Muhammad menegaskan menjadi komitmen Pemkot Yogyakarta bersama-sama dengan seluruh jajaran pemangku kepentingan masyarakat mewujudkan Yogya sebagai kota yang ramah anak dan layak anak. Kota layak anak adalah kota yang memberikan pemenuhan hak-hak anak dan memberikan perlindungan kepada anak. “Kami mengajak ayo bersama-sama untuk tetap kita berikan pemenuhan hak-hak anak dan bagaimana kita memberikan perlindungan,” ujar Edy.

Ketua TP PKK Yogyakarta sekaligus istri Pj Wali Kota Yogyakarta, Atik Wulandari didampingi Kepala DP3AP2KB Kota Yogyakarta saat meninjau layanan konsultasi pusat pembelajaran keluarga yang hadir dalam peringatan Hari Anak Nasional Kota Yogyakarta tahun 2023.

Pada peringatan Hari Anak Nasional itu juga dikukuhkan Duta Anak Kota Yogyakarta tahun 2023 yang diharapkan menjadi motivator, pelopor dan pelapor terhadap perlindungan anak serta membela hak-hak anak. Duta Anak Kota Yogyakarta juga menyampaikan suara anak hasil musyawarah rencana pembangunan anak dan anak disabilitas tahun 2023. Suara anak Kota Yogyakarta itu antara lain terkait keinginan wadah aspirasi untuk menampung pendapat anak, kegiatan positif berupa pengadaan komunitas teman sebaya dengan pendampingan guru BK di tiap sekolah, pengoptimalan program bina keluarga dan pendidikan seks bagi anak pra pubertas, kegiatan bermain bersama untuk edukasi kesehatan mental dan pemerataan bangunan sekolah yang aksesibel bagi anak disabilitas.

“Makna hari anak sebagai pelopor dan pelapor jadi harus mempelopori, mengedukasi anak tidak boleh didiskriminasi dan kena kekerasan. Sebenarnya semua sudah optimal. Tapi yang perlu dioptimalkan lagi salah satunya fasilitas pusat pembelajaran keluarga. Saya sebagai pelopor dan pelapor harus menyebarluaskan ini biar semua tahu dan menggunakannya,” tutur Dilan Aristo Nandana perwakilan Duta Anak Kota Yogyakarta tahun 2023.

Penyampaian suara anak Kota Yogyakarta tahun 2023 oleh Duta Anak Kota Yogyakarta.

Peringatan Hari Anak Nasional Kota Yogyakarta tahun 2023 juta dimeriahkan dengan berbagai kegiatan untuk anak. Misalnya seni tari, musik dan lagu, fesyen show dari daur ulang sampah serta lomba anak seperti mewarnai. Termasuk stan dari dinas dan pihak terkait antara lain permainan tradisional, edukasi sains Taman Pintar, edukasi lalu lintas bagai anak dari Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta dan mobil layanan Perpustakaan Kota Yogyakarta.(Tri)

Fesyen show daur ulang sampah bekas ditampilkan oleh para siswa siswi SMP Negeri 1 Yogyakarta.