Antusias Warga Depo Dibuka, Pilah Sampah dari Rumah

Gondokusuman-Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta sudah mulai bertahap menambah operasional depo sampah di wilayah Kota Yogya. Dari lima depo, kini Pemkot Yogya sudah membuka secara terbatas empat belas depo untuk menampung sampah warga.

Keempat belas depo ini mulai dibuka pada hari ini, 3  Agustus hingga 5 Agustus 2023. Salah satu depo adalah Depo Sampah Argolubang yang terletak di Kelurahan Baciro, Gondokusuman. Depo tersebut buka mulai pukul 08:00 WIB sampai 09:00 WIB. 

Penjaga Depo Sampah Argolubang, Wiki mengatakan depo tersebut selain menerima sampah dari penggerobak juga menerima sampah dari warga.

"Tapi sampah yang dibuang harus dipilah terlebih dahulu untuk memudahkan pemilihan lebih lanjut karena di depo ini juga kami sendirikan agar memilahnya lebih mudah," bebernya di lokasi, Kamis (3/8/2023).

Untuk Depo Sampah Argolubang ini, lanjutnya tidak hanya untuk warga Baciro atau warga Gondokusuman saja. Semua warga dapat membuang sampah di tempat ini.

"Sehingga diharapkan dengan dibukanya depo ini tidak ada lagi masyarakat yang membuang sampah di pinggir jalan," tandasnya.

Selain Depo Sampah Argolubang, depo lainnya adalah Depo Sampah Pengok, Gondokusuman. Masyarakat pun menyambut baik dengan dibukanya empat belas depo tersebut.

Hal tersebut dibuktikan dengan silih bergantinya warga yang datang untuk membuang sampah ke depo tersebut.

Petugas dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogya saat membersihkan sampah yang ada di Depo Sampah Argolubang, Kamis (3/8/2023).

Cahyani, salah satu warga Kampung Sapen mengaku bersyukur karena depo sampah di Kota Yogya sudah dibuka meski secara terbatas.

Sebelum depo tersebut dibuka, ia mengatakan selalu meminimalkan produksi sampah dan limbah di rumahnya.

"Sampah yang saya buang di depo ini adalah sampah residu, untuk sampah organik saya olah jadi pupuk, sementara sampah anorganik saya jual di bank sampah," tandasnya.

Penjaga Depo Sampah Pengok, Bejo Riyanto mengatakan Depo tersebut adalah salah satu depo yang telah dibuka sejak tanggal 25 Juli 2023. Depo sampah ini buka dari pukul 06:00 WIB hingga 12:00 WIB.

"Depo ini adalah salah satu dari lima depo di Kota Yogya yang telah dibuka sejak tanggal 25 Juli 2025," katanya.

Sama halnya Depo Argolubang, di Depo Pengok juga mewajibkan warga memilah sampahnya terlebih dahulu antara sampah plastik dan basah.

"Kami selalu tanya terlebih dahulu kepada warga yang akan membuang sampah disini apakah sampahnya sudah di pilah atau belum," jelasnya. (Han)