Gebyar Bhineka Kampung Taman Angkat Potensi dan Nglarisi UMKM

Keraton - Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Mangkubumi ditemani Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo turut 'Melukis Mimpi' menorehkan kuas dalam sebuah lukisan bersama warga sebagai tanda dibukanya acara Gebyar Bhineka dan Gelar Potensi UMKM Ke-3 di Kampung Taman Patehan Kraton.

Kegiatan ini diselenggarakan di sepanjang Jalan Nogosari RW 9, Kelurahan Patehan, Kemantren Keraton Yogyakarta telah dibuka, Jumat (4/8/2023).

Acara ini dimulai hari ini tanggal 4-5 Agustus 2023 dan dimeriahkan sebanyak 52 UMKM mulai dari kuliner, kerajinan hingga batik yang menambah suasana kemeriahan kegiatan ini. 

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo ikut 'Nglarisi' pada kegiatan Gebyar Bhineka dan Gelar Potensi UMKM, Jumat (4/8/2023).

Tak hanya itu, juga dimeriahkan oleh Paduan Suara Kopwan Dewi Sri, Giandita Akustik, Sanggar Biola Quinta, serta Suastika. Acara ini juga merupakan salah satu kegiatan untuk memeriahkan HUT RI Ke-78.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo yang kali ini melihat dan meninjau langsung potensi UMKM yang ada di Kampung Taman mengatakan, sangat luar biasa dan mengapresiasi Gebyar Bhineka dan  Gelar Potensi UMKM yang ada di Kampung Taman. Terlebih melibatkan seluruh generasi mulai dari anak-anak, remaja hingga ibu-ibu.

"Gelar UMKM di patehan ini sangat luar biasa dan tadi melibatkan beberapa komponen baik itu anak-anak, ibu-ibu bahkan para remaja yang ikut mengekspresikan beberapa potensi yang sangat layak untuk diapresiasi," ujarnya.

Selain melibatkan seluruh generasi, kegiatan ini diharapkan mampu menumbuhkan potensi baik itu UMKM maupun ekonomi kreatif di RW 9 Kampung Taman.

Beberapa kuliner yang dapat ditemui seperti apem jadul, kunir asem, pecel sayur dan lain sebagainya. Tak hanya itu, banyak UMKM lainnya yang ditemui seperti UMKM Ecoprint, Sibori, dan masih banyak lagi.

Suasana saat Penjabat Wali Kota Yogya Singgih Raharjo beserta GKR Mangkubumi melihat dan meninjau Gebyar Bhineka dan Gelar Potensi UMKM di Patehan.

Singgih berharap, masyarakat dapat mengapresiasi potensi yang ada di Kampung Taman dengan 'Nglarisi' dagangan mereka, sebagaimana bentuk dukungan agar produk UMKM laris manis pada kegiatan tersebut.

"Saya berharap, kita perlu memberikan ruang kepada para masyarakat untuk bisa mengapresiasi cara mengapresiasinya adalah 'Nglarisi' satu-satunya cara kemudian mengapresiasi UMKM dan ekonomi kreatif," ungkapnya.

Sementara itu, Perwakilan Kraton Yogyakarta GKR Mangkubumi mengungkapkan, Gebyar Bhineka dan Potensi UMKM Tahun 2023 semakin meriah dengan hadirnya UMKM yang ada di Patehan menambah nilai promosi Kampung Taman.

"Tentunya ini bagian dari promosi  potensi di wilayah Patehan. Tentunya semangat dari seluruh pimpinan yang ada di Patehan ini untuk pariwisata dan kuliner sepertinya jangan diadakan setahun sekali saja. Saya mengapresiasi kegiatan-kegiatan seperti ini karena bisa menjadi contoh di area yang lain," ujarnya.

GKR Mangkubumi selaku Perwakilan Kraton Yogyakarta saat memberikan sambutan.

Selanjutnya, Ketua Pelaksana Gebyar Bhineka  dan Gelar Potensi UMKM Antonius Edi Purwanto mengatakan, sangat terharu telah melalui proses sampai ke tiga gelaran potensi UMKM di Patehan.

"Tidak terasa, agenda Gebyar Bhinneka di RW 9 Taman Patehan Kraton sudah ke-3 kalinya hadir. Banyak proses yang sudah kami lewati dan menjadi proses belajar bagi kami semua. Semoga memberikan dampak positif bagi perkembangan budaya, sosial, dan ekonomi warga Patehan," ujarnya. (Hes)

 

Pengunjung yang datang ikut melukis di Kampung Taman, Patehan Kraton.