Jaga Persaudaraan dan Silaturahmi Jemaah Haji Kota Yogya

Umbulharjo – Selesainya rangkaian ibadah haji bukan berarti tugas dan kewajiban para jemaah sudah selesai, tapi terus berlanjut untuk senantiasa meningkatkan dan saling mengingatkan dalam kebaikan.

Hal itu disampaikan Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo dalam kegiatan Mangayubagyo Jemaah Haji Kota Yogyakarta tahun 2023, pada Minggu pagi (6/8) di Masjid Pangeran Diponegoro Balaikota.

Pihaknya mengatakan, dari seluruh Jemaah Haji Kota Yogyakarta tahun 2023 sudah tiba di tanah air dengan sehat, dan kembali berkumpul dengan keluarga, dengan harapan semua jemaah menjadi haji mabrur.

"Kami ikut berbahagia atas rangkaian ibadah haji yang telah selesai, semoga menjadi haji mabrur, tetap terus menjaga silaturahmi dengan jemaah lain, karena di Kota Yogyakarta juga ada IPHI atau Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, yang bisa menjadi wadah untuk berkegiatan sosial di masyarakat,” ujarnya.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo dalam kegiatan Mangayubagyo Jemaah Haji Kota Yogyakarta tahun 2023, pada Minggu pagi (6/8) di Masjid Pangeran Diponegoro Balaikota.

Singgih juga mengatakan, Pemerintah Kota Yogyakarta akan terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kaitannya dalam rangkaian ibadah haji. Mulai dari proses administrasi pendaftaran, bimbingan manasik haji, pemberangkatan, hingga penjemputan jemaah.

“Pemkot Yogyakarta bersama Kantor Kemenag Kota Yogyakarta serta stakeholder lain, akan terus berbenah untuk memberikan layanan terbaik bagi para calon jemaaah haji setiap tahunnya, agar rangkaian ibadah dapat berjalan lancar,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta, Nadhif menyampaikan, dari total 353 jemaah haji Kota Yogyakarta tahun 2023, yang tergabung dalam Kelompok Terbang 50 dan 99 SOC, terdapat satu jemaah yang tidak bisa pulang bersama romongan karena sakit, tapi sekarang sudah kembali ke Kota Yogyakarta dalam kondisi sehat.

“Semua jemaah sudah sampai di Kota Yogyakarta dengan sehat dan selamat, dan semoga semua menjadi haji mabrur. Kami ikut berbahagia dan senang, harapannya persaudaraan para jemaah terus terjaga, dan makin konsisten dalam beribadah,” ucapnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta, Nadhif.

Salah satu perwakilan Jemaah Haji Kota Yogyakarta tahun 2023, Muhammad Ghazali mengungkapkan rasa syukur atas selesainya rangkaian ibadah haji yang dilalui dengan lancar, dan dapat kembali pulang kumpul bersama keluarga di Kota Yogyakarta.

“Alhamdulillah kami dapat menjalankan rangkaian ibadah haji dan pulang dalam keadaan sehat, juga bahagia karena bisa menunaikan rukun islam yang kelima, juga menambah persaudaraan dengan jemaah lain. Kami juga ucapkan terima kasih kepada pemerintah dan pihak lain yang terlibat, atas fasilitasi dan pelayanannya dari proses awal hingga kembali ke Kota Yogyakarta,” ungkapnya. (Jul)

Jemaah Haji Kota Yogyakarta Tahun 2023 dalam kegiatan Mangayubagyo.