Ikuti Raimuna Nasional, Kontingen Kota Yogya Kirim Anggota Terbaik

Umbulharjo - Sebanyak 24 orang putra dan putri Kontingen Cabang Kota Yogyakarta lolos ke Raimuna Nasional 2023 atau Kemah Pramuka Penegak dan Pandega yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Cibubur, Jakarta Timur mulai tanggal 14 - 21 Agustus 2023. Kontingen Cabang Kota Yogyakarta tersebut merupakan siswa pilihan dan memiliki prestasi akademik ataupun non akademik.

Sebelum berangkat, mereka mengadakan pamitan dan silaturahmi kepada Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo dipimpin oleh Ketua Kwarcab Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi, Rabu (9/8) diterima di Ruang Yudhistira Balaikota.

Ketua Dewan Kerja Kota Yogyakarta Hasan Muhammad saat di wawancara.

Salah satu peserta yang merupakan Ketua Dewan Kerja Kota Yogyakarta Hasan Muhammad mengatakan, kegiatan ini bertujuan agar anggota pramuka pilihan se-Indonesia mampu meningkatkan kesadaran mengabdi kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Selain itu, Hasan menambahkan, ajang ini dapat menambah pengetahuan, wawasan dan pengalaman mereka untuk bisa ditularkan ke Pramuka Penegak dan Pandega lainnya.

Menurutnya, dibutuhkan bekal fisik agar kuat untuk dalam menjalani serangkaian kegiatan. Ia berharap, Raimuna Nasional Tahun 2023 bisa memperkuat tali persaudaraan dan rasa cinta tanah air.

“Harapannya semoga dengan 24 orang ini mereka lebih aktif lagi di gugus depan, pangkalan, atau di kwartirnya masing-masing, tidak hanya memendam ilmunya tetapi juga bisa membagikan ilmu ke teman-teman lainnya,” jelasnya.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo saat memberikan arahan kepada peserta.

Sementara, Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo mengungkapkan, sangat bangga dan ini menjadi kesempatan untuk mempromosikan Kota Yogyakarta kepada peserta Raimuna Nasional 2023.

“Karena pendidikan di Kota Yogyakarta berbasis kebudayaan, maka semua peserta silahkan mempromosikan kebudayaan yang ada di Kota Yogyakarta. Saya sangat bangga, semoga ini menjadi ajang untuk berkomunikasi dengan baik dan menjalin networking,” ujar Singgih.

Singgih berharap, semua peserta mempersiapkan kesehatan fisik dan mental mereka, dengan beristirahat yang cukup dan membawa bekal obat jika diperlukan. “Tetap istirahat yang cukup dan efektif, tetapi juga tetap produktif,”katanya. 

Singgih Raharjo memberikan salam dan doa kepada seluruh peserta Raimuna Nasional 2023.

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengungkapkan, 24 peserta nantinya akan diberangkatkan pada tanggal 12 Agustus 2023, pukul 15.00 WIB start di Masjid Agung Sleman. Sedangkan untuk kepulangan pada tanggal 21 Agustus 2023.

Pihaknya mengungkapkan, Raimuna Nasional ini merupakan pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang terselenggara setiap empat tahun sekali. 

Heroe berharap, semua peserta selalu diberikan kesehatan dan perjalanan lancar hingga tiba kembali di Kota Yogyakarta. “Semoga nanti diberikan kemudahan, kesehatan dari mulai keberangkatan dan kepulangan berjalan dengan lancar,” ungkapnya. (Hes)