Upacara Penurunan Bendera HUT ke-78 RI di Balaikota Lancar dan Khidmat

 

Umbulharjo - Pemerintah Kota Yogyakarta menggelar upacara penurunan Bendera Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Republik Indonesia pada Kamis (17/8/2023) sore hari di Lapangan Balaikota Yogyakarta. 

Usai upacara penurunan bendera di gelar tasyukuran yang diikuti seluruh anggota Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) .

Komandan Kodim 0734 Kota Yogyakarta, Kolonel Arh. Burhan Fajari Arfian menjadi inspektur upacara. Petugas penurunan bendera dipercayakan kepada Valentino Febriawan Putra dan Orlando Putra Yupenta dari SMA Negeri 8 Yogyakarta,, Ilham Mahendra Latif dari SMK Negeri 3 Yogyakarta.

Anggota Paskibraka membawa bendera merah putih setelah dilakukan penurunan bendera.

Pelaksanaan penurunan bendera sang merah putih oleh Paskibraka berjalan dengan khidmat dan lancar. Dengan senyum dan semangat para anggota menjalankan tugasnya dengan baik.

Ditemui usai mengikuti upacara, Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo memberikan selamat atas kesuksesan dan kelancaran bagi Paskibraka yang melaksanakan tugas dengan baik.

"Saya bangga kepada paskibraka yang bertugas, baik yang mengibarkan bendera maupun penurunan bendera. Terimakasih atas kolaborasi, semangat dan dedikasinya selama ini sehingga lancarnya acara kemeriahan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI berjalan dengan lancar," jelasnya.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo saat memberikan selamat dan apresiasi kepada para anggota Paskibraka Tahun 2023.

Selain itu, Singgih memberikan apresiasi atas kerja keras dan kegigihan anggota maupun orang tua dari Paskibraka dengan rasa nasionalismenya menjalankan tugas dengan lancar.

“Terima kasih juga kepada ortu yang setia memberikan semangat dan  memotivasi sampai detik ini dan sekolah yang telah memberikan pembinaan untuk menghantarkan Paskibraka Tahun 2023 dengan sukses,” jelasnya.

Singgih berharap ke depannya, para Paskibraka tahun 2023 ini menjadi pemimpin emas di tahun 2045.

“Saya bangga, terus belajar semangat memotivasi diri menjadi lebih baik hingga menjadi pemimpin emas di tahun 2045. Saya melihat banyak bibit-bibit kepemimpinan di mata adik-adik, semoga sukses dalam meraih cita-cita,” ujarnya.

Terlihat antusias dan semangat anggota Paskibraka saat menjalankan tugas penurunan bendera di Balaikota Yogyakarta.

Sementara itu, salah satu anggota paskibraka HUT Ke-78 Kemerdekaan RI, Najla Ardelia Sofana Hapsari Gusty dari SMK Negeri 3 Yogyakarta mengungkapkan, sangat senang dan bangga bisa membawa nama sekolah dan diri sendiri menjadi salah satu anggota Paskibraka tahun 2023 di Pemerintah Kota Yogyakarta.

“Saya membawa baki di pagi hari, tentunya sangat senang dan ini impian saya sejak dulu. Senang bisa membanggakan orang tua. Nantinya saya ingin bisa melanjutkan menjadi Polisi Wanita (Polwan),”ujarnya.

Najla Ardelia Sofana Hapsari Gusty dari SMK Negeri 3 Yogyakarta bersama ibunda saat diwawancara.

Selanjutnya, orang tua dari Najla, Fenty Nurlinda berharap, apa yang menjadi cita-citanya terkabul dan ini menjadi salah satu langkah untuk mencapainya.

“Tentu saya bangga anak saya bisa sampai seperti ini, menjadi Paskibraka. Sebagai orang tua, saya mendoakan agar anak saya bisa meraih cita-citanya masuk ke jajaran Angkatan TNI maupun Polri,” ungkapnya. (Hes)