FASI Tingkat Kota Yogya Diikuti Perwakilan Kemantren

Pakualaman-Pemerintah Kota (Pemkot) bersama Kementerian Agama (Kemenag) Kota Yogya kembali menggelar Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) XII tahun 2023 tingkat Kota Yogya.

Ketua panitia acara tersebut, Muhaimin mengatakan FASI XII tingkat Kota Yogya akan digelar di SMA Muhammadiyah 1 Yogya pada tanggal 3 September 2023 mendatang.

Ia mengungkapkan adanya festival ini adalah untuk membentuk karakter anak, yang dimulai dari usia dini dengan penanaman pengetahuan Islami maupun umum, pendidikan akhlak, kedisiplinan, keberanian, dan juga sikap sportifitas yang tinggi.

“Kegiatan ini nanti akan digolongkan menjadi tiga kelas yaitu Taman Kanak-kanak Alquran (TKA), Taman Pendidikan Alquran (TPA), dan Taklimul Quran lil Aulad (TQA])” ucapnya di Kantor Kemenag Kota Yogya, Selasa (29/8/2023).

Untuk syaratnya, peserta kelas TKA berusia maksimal tujuh tahun, untuk TPA berusia maksimal 12 tahun, dan kelas TQA berumur maksimal 15 tahun.

"Selain sebagai ajang silaturahmi dalam rangka ukhuwah islamiah, FASI XII Tingkat Kota Yogya juga menjadi wahana untuk menumbuhkan semangat kebersamaan dan profesionalisme di setiap jenjang kelembagaan serta dalam upaya meningkatkan fungsi Badko TKA-TQA," bebernya.

Nantinya para pemenang dari festival ini, lanjutnya, akan berlanjut ke tingkat yang lebih tinggi yaitu tingkat Provinsi DIY dan tingkat Nasional.

"Akan diambil juara I, II, dan III untuk mewakili Kota Yogya bersaing di FASI tingkat DIY pada 2024 mendatang," ujarnya.

Dalam festival ini ada beberapa perlombaan yang akan digelar seperti tartil Alquran, azan dan Ikamah, nasyid islami, peragaan salat, cerdas cermat Alquran, mewarnai, serta ceramah agama Islam hingga kaligrafi. 

"Acara ini akan diikuti oleh perwakilan dari 14 Kemantren/rayon se-Kota Yogya yang sudah terseleksi," ungkapnya.

Ia berharap dengan adanya festival tersebut dapat menjadi media evaluasi bagi para santri di wilayah Kota Yogya yang selanjutnya akan menjadi umpan balik perbaikan kurikulum termasuk proses pembelajaran para santri. (Han)