Penyerahan Bantuan Disabilitas Bantu Tingkatkan Perekonomian Warga

Gedong Tengen - Roni Hendramawan (47) warga Pajeksan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta merupakan penyandang disabilitas yang mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Baznas Kota Yogyakarta. 

Ia menerima bantuan berupa satu gerobak, modal usaha senilai Rp 500 ribu serta sembako, total bantuan yang diterima senilai Rp 1,5 juta. Nantinya Baznas Kota Yogyakarta akan menambah peralatan penunjang seperti tongkat kruk untuk membantu Roni Hendramawan dalam kesehariannya.

Roni Hendramawan beserta istri sangat bahagia dan haru, gerobak yang diterima nantinya akan dimanfaatkan untuk usaha kuliner/makanan seperti ayam crispy, tahu crispy, corn dog, dan pangsit.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo saat memberikan secara simbolis gerobak untuk Roni Hendramawan.

Bantuan secara simbolis diberikan langsung kepada Roni Hendramawan oleh Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo didampingi Kepala Baznas Kota Yogyakarta Syamsul Azhari di Jalan Pajeksan GT 01/533 RT 32 RW 08, Sosromenduran Gedong Tengen pada Selasa (29/8/2023).

Sebelumnya, Roni yang sering disapa berjualan ikan emas sejak tahun 2010 akhir. Ikan yang dijual dipasarkan di sekolah-sekolah di Kota Yogyakarta. Namun penjualan ikan menurutnya kurang untuk menopang biaya hidup. 

Setiap harinya Roni menghasilkan setidaknya Rp 100 ribu. Ia mengungkapkan, rasa senang dan bersyukur bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah melalui Baznas Kota Yogyakarta.

Roni Hendramawan beserta istri saat diwawancara.

"Saya sejak 2010 akhir berjualan ikan memakai kayu dengan peralatan seadanya, jualannya di TK ABA Kauman , SD Kauman dan sekitar sana. Alhamdulillah terimakasih sekali, dengan bantuan ini bisa membantu  kami menuju kesejahteraan," jelas Roni.

Tambahnya, usaha kuliner lebih prospek dibandingkan lainnya. Selain itu, usaha kuliner banyak disenangi semua kalangan tanpa ada batasan umur. 

"Kuliner lebih berprospek. Jika menjual makanan bisa dari pagi sampai malam. Selain itu, semua segmen bisa lebih luas bisa mencarinya sampai malam. Sesegera mungkin akan berjualan," ujarnya.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo menyampaikan, apresiasi dan terima kasih kepada Baznas Kota Yogyakarta yang telah banyak membantu masyarakat Kota Yogyakarta terutama para disabilitas di Kota Yogyakarta.

"Karena kemarin peralatan minim dan belum mendukung aktivitasnya, maka kita berikan bantuan gerobak beserta kelengkapannya seperti payung, gas, kompor dan sebagainya. Selain itu, juga diberikan modal usaha senilai Rp 500 ribu. Sehingga keluarga Roni bisa siap melakukan aktivitas jualan di beberapa sekolah dengan menu makanan ayam crispy dan lain sebahainya,"ujar Singgih Raharjo.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo didampingi Kepala Baznas Kota Yogyakarta Syamsul Azhari saat berfoto bersama penerima bantuan. 

Singgih mengungkapkan, bantuan tersebut merupakan paket komplit dari hasil kolaborasi antara pemerintah dengan Baznas Kota Yogyakarta.

"Ini bentuk perhatian kita, khususnya  untuk masyarakat Kota Yogyakarta yang menderita disabilitas dan yang memerlukan bantuan untuk berkarya. Termasuk seluruh masyarakat yang memiliki keterbatasan kami siap memberikan bantuan,"ungkapnya.

Ia berharap, apa yang diberikan dapat menjadi semangat dan dukungan untuk terus berkarya serta bekerja keras agar dapat menghidupi keluarga.

"Semoga apa yang kita berikan kepada Pak Roni bisa bermanfaat dan terus berkarya lebih baik lagi. Sehingga dapat melancarkan  rezeki kepada keluarga. Semoga usahanya diberikan kelancaran, dan mendapatkan barokah," tambahnya. (Hes)