PPPK Diharapkan Beri Kontribusi dan Inovasi untuk Pemkot Yogya

 

 

Pakualaman - Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Kota Yogyakarta saat ini mencapai 11 persen dari seluruh pegawai di Pemerintah Kota Yogyakarta dengan konfigurasi 613 pegawai PPPK dari total 5702 pegawai. Kedepannya, diprediksi formasi PPPK Kota Yogyakarta akan semakin banyak.

 

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Yogyakarta Dedi Budiono pada Pembukaan Pelatihan Orientasi PPPK Pemerintah Kota Yogyakarta di Hotel Jambuluwuk, Rabu (30/8).

 

Kepala BKPSDM Kota Yogyakarta, Dedi Budiono memberikan arahan kepada segenap PPPK Kota Yogyakarta

 

“Ke depan tentu komposisi pegawai PPPK ini akan semakin besar, rekrutmen ke depan itu lebih banyak PPPK dibanding PNS. Seperti informasi yang beredar, tahun depan kita akan menambah pegawai Pemerintah Kota Yogyakarta sebanyak 250 orang yang seluruhnya akan diisi melalui jalur PPPK,” ungkap Dedi.

 

Setelah melalui masa orientasi ini, Dedi berharap segenap PPPK langsung terjun memberikan kinerja terbaik di perangkat daerah masing-masing. “Dengan mengikuti orientasi ini, bapak/ibu semakin memahami visi dan misi Pemerintah Kota Yogyakarta serta nilai etika yang harus dijunjung sebagai pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta,” tambahnya.

 

Pelatihan Orientasi PPPK Pemerintah Kota Yogyakarta diselenggarakan selama dua hari, tanggal 30-31 Agustus 2023. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman pemerintahan daerah dan motivasi kepada segenap PPPK Kota Yogyakarta agar memberikan dedikasi dan inovasi kepada Pemerintah Kota Yogyakarta.

 

Pada kegiatan ini, materi yang diberikan antara lain tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan daerah, budaya pemerintahan, pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika, visi misi dan tugas fungsi organisasi, manajemen ASN, penerapan nilai-nilai Ber-AKHLAK, penilaian kinerja serta pengembangan kompetensi ASN. Materi tersebut disampaikan oleh BKPSDM Kota Yogya, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Yogya dan Bagian Organisasi Setda Kota Yogyakarta.

 

Peserta pelatihan orientasi PPPK Kota Yogyakarta sedang memperhatikan arahan para narasumber

 

Dalam sambutannya, Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo menyampaikan Kota Yogyakarta pada tahun 2023 memiliki target sasaran serta prioritas pembangunan daerah. Untuk mencapai target sebut diharapkan segenap PPPK Kota Yogyakarta mampu beradaptasi dengan sistem kerja di perangkat daerah masing-masing dan memberikan kinerja terbaiknya.

 

“Jangan meremehkan menjadi PPPK, besar harapan kami kepada bapak/ibu dalam memberikan kontribusi melalui inovasi-inovasi untuk Pemerintah Kota Yogyakarta. Kita harus bekerja sebaik mungkin dengan semangat kerja yang tinggi seperti pepatah Nyawiji, Greget, Sengguh, dan Ora MingkuhI,” tuturnya.

 

Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo memberikan arahan kepada peserta pelatihan orientasi PPPK Kota Yogyakarta

 

Singgih juga menegaskan segenap P3K Kota Yogyakarta untuk selalu meningkatkan kinerja, produktif, beretika profesional, serta mengembangkan kapasitas organisasi dan pribadi. (Chi)