Dishub Kota Yogya Bersihkan Rambu Lalin dari Vandalisme

Gondokusuman-Dalam menyemarakkan Hari Perhubungan Nasional, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogya bersama Perumda BPR Bank Jogja menggelar bersih rambu lalu lintas. Hal ini seiring dengan banyaknya rambu lalu lintas yang menjadi korban aksi vandalisme yang dapat membahayakan pengendara.

Kepala Dishub Kota Yogya, Agus Arief Nugroho mengatakan dengan rambu lalu lintas yang tertutup coretan tidak hanya akan mengganggu estetika, tetapi juga membahayakan pengendara. Isyarat untuk keselamatan berkendara menjadi tidak terbaca dan dipahami dengan baik. Akibatnya bisa memicu terjadinya kecelakaan.

"Kegiatan ini dilakukan agar masyarakat dapat melihat dengan jelas rambu-rambu tersebut dan taat dalam berlalu lintas," katanya saat giat bersih rambu lalu lintas di sepanjang Jalan Urip Sumoharjo, Jumat pagi (1/9/2023).

Dalam giat ini rambu yang dibersihkan antara lain berupa papan nama jalan, penunjuk arah maupun isyarat lalu lintas.

Personel Dishub Kota Yogya saat melakukan giat bersih rambu lalu lintas di sepanjang Jalan Urip Sumoharjo

"Giat ini juga sebagai wahana sosialisasi bagi masyarakat agar ikut menjaga rambu lalu lintas dengan baik. Harapannya muncul kesadaran akan pentingnya rambu lalu lintas bagi pengendara," tandasnya.

Pihaknya menjelaskan dalam giat tersebut para personel Dishub sebenarnya rutin melakukan perawatan rambu lalu lintas di sepanjang jalan di Kota Yogya.

"Namun demikian hampir setiap hari rambu di berbagai ruas jalan tak luput dari sasaran aksi vandalisme," ungkapnya.

Oleh karena itu pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memelihara dan merawat rambu dengan baik. Jangan sampai ada perusakan maupun penutupan rambu yang membuat pengendara terhalang.

"Karena semakin banyak masyarakat yang memiliki kepedulian terhadap rambu lalu lintas maka ketertiban dan keselamatan berkendara akan turut terjamin," tandasnya.

Personel Dishub Kota Yogya bersama Perumda BPR Bank Jogja saat melakukan bakti sosial di sepanjang Jalan Urip Sumoharjo.

Selain membersih rambu lalu lintas, dalam giat tersebut juga dilakukan bakti sosial (baksos) dengan membagikan ratusan nasi kotak kepada para pengemudi/tukang becak dan juru parkir (jukir) di sepanjang jalan tersebut.

Sementara itu Kepala Cabang Perumda BPR Bank Jogja, Isa Wahyudi menjelaskan aksi sosial ini adalah bentuk kepedulian dari Perumda BPR Bank Jogja kepada masyarakat Kota Yogya.

Isa berharap dengan adanya baksos tersebut dapat meringankan beban bagi para tukang becak dan para jukir yang berada di area tersebut. (Han)